Presiden Joko Widodo bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, 29 Juni 2022. Foto: Kantor Presiden Ukraina
Presiden Joko Widodo bersama Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, 29 Juni 2022. Foto: Kantor Presiden Ukraina

Terima Kasih Zelensky Atas Kedatangan Jokowi ke Ukraina

Fajar Nugraha • 30 Juni 2022 00:43
Kiev: Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterimakasih dengan kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah kemelut perang dengan Rusia. Kedatangan Jokowi adalah kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Ukraina sejak perang Ukraina-Rusia.
 
“Terima kasih kepada Joko Widodo yang telah datang ke Ukraina dan mencatat bahwa ini adalah kunjungan pertama Presiden Indonesia ke negara kita dalam sejarah hubungan diplomatik,” sebut Presiden Zelensky dalam konferensi pers bersama Presiden Jokowi, Rabu 29 Juni 2022.
 
"Dan ini, omong-omong, adalah kunjungan pertama pemimpin negara Asia ke Kiev sejak awal perang Rusia skala penuh. Kami sangat menghargainya dan berterima kasih kepada Anda," ujar Zelensky kepada Jokowi.
 
Baca: Presiden: Kunjungan ke Ukraina Wujud Kepedulian Indonesia.

Presiden Ukraina itu menekankan pentingnya peran Indonesia dan otoritas pribadi Jokowi di kancah internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anda sekarang mewakili di Kiev baik G20, yang saat ini diketuai Indonesia, dan salah satu asosiasi paling kuat di dunia, ASEAN, yang akan dipimpin negara Anda tahun depan," ucap Volodymyr Zelensky.
 
Menurut dia, pertemuan hari ini dengan Presiden Indonesia merupakan langkah penguatan koalisi negara-negara anti perang global yang dapat memulihkan dan menjamin stabilitas dunia.
 
"Ukraina sangat menghargai dukungan rakyat Indonesia dan dukungan pribadi Anda, Tuan Presiden, di masa perang untuk kebebasan dan kemerdekaan negara kita ini," kata Volodymyr Zelensky.
 
Bekas aktor komedi itu menyatakan keyakinannya bahwa Ukraina akan mempertahankan kebebasannya dalam perang yang dimulai oleh Rusia. Zelensky pun mengucapkan terima kasih kepada Jokowi atas dukungannya yang tak tergoyahkan bagi kedaulatan, kemerdekaan, dan keutuhan wilayah negara Ukraina.
 
“Fasilitas ketua dan anggota G20 sangat penting untuk pemulihan perdamaian. Saya berterima kasih kepada Anda, Presiden, atas undangan pribadi untuk mengambil bagian dalam KTT G20, dan, tentu saja, saya menerimanya undangan ini. Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di negara itu dan pada komposisi peserta," pungkas Volodymyr Zelensky.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif