Petugas kesehatan melakukan tes Covid-19 terhadap penumpang pesawat di Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda, 30 November 2021. (AFP)
Petugas kesehatan melakukan tes Covid-19 terhadap penumpang pesawat di Bandara Schipol, Amsterdam, Belanda, 30 November 2021. (AFP)

Omicron Sudah Ada di Eropa Sebelum Afsel Laporkan Kasus Perdana

Internasional Belanda afrika selatan WHO covid-19 Omicron Varian Omicron
Willy Haryono • 01 Desember 2021 12:48
Amsterdam: Varian Covid-19 Omicron ternyata sudah ada di Eropa sebelum Afrika Selatan melaporkan kasus perdananya, menurut data terbaru dari otoritas kesehatan Belanda pada Selasa, 30 November.
 
Omicron, yang dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai "variant of concern" pada Jumat pekan kemarin, telah terkonfirmasi di sejumlah negara dunia.
 
Dikutip dari Shine, Rabu, 1 November 2021, otoritas kesehatan Belanda melaporkan bahwa varian Omicron atau B.1.1.529 sudah terlebih dahulu ada di Negeri Kincir Angin sebelum Afsel melaporkan kasus perdananya pada 25 November.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Omicron terdeteksi dari dua sampel yang diambil pada tanggal 19 dan 23 November di Belanda. Satu dari dua sampel tersebut tidak memiliki catatan perjalanan ke luar negeri.
 
Akhir pekan kemarin, Belanda mengatakan bahwa 61 individu asal Afsel yang datang ke Bandara Schipol dalam dua penerbangan telah terinfeksi Covid-19. Sebanyak 13 dari mereka positif terjangkit Omicron.
 
Saat ini, sebagian besar dari mereka berada di hotel isolasi dekat Bandara Schipol.
 
Menteri Kesehatan Hugo de Jonge telah bertanya kepada institut kesehatan publik Belanda mengenai apakah larangan perjalanan yang berlaku saat ini perlu diperluas ke negara-negara lain selain dari benua Afrika.
 
Mengenai masalah larangan perjalanan ini, ia juga akan berkoordinasi dengan menkes negara-negara Uni Eropa.
 
Baca:  Tiba di Belanda dari Afrika Selatan, 13 Orang Positif Omicron
 
Sejauh ini, belasan negara dan wilayah telah mendeteksi kasus Omicron, termasuk Australia, Inggris, Kanada, Israel, Italia dan Portugal. Di kalangan negara Eropa, Belgia dan Jerman sudah sama-sama melaporkan kasus Omicron sebelum tanggal 25. Namun dua kasus itu memiliki catatan perjalanan luar negeri, berbeda dari satu kasus di Belanda.
 
Amerika Latin melaporkan dua kasus perdana Omicron pada Selasa kemarin dari individu dengan catatan perjalanan ke Afsel. Jepang juga mengonfirmasi kasus perdana Omicron, satu hari usai Negeri Sakura menutup perbatasannya untuk semua warga asing.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif