Dubes Dewi Savitri Wahab (kanan) dalam resepsi diplomatik di KBRI Kopenhagen, Denmark, 6 September 2021. (KBRI Kopenhagen)
Dubes Dewi Savitri Wahab (kanan) dalam resepsi diplomatik di KBRI Kopenhagen, Denmark, 6 September 2021. (KBRI Kopenhagen)

KBRI Kopenhagen Rayakan Hubungan Indonesia-Denmark dengan Resepsi Diplomatik

Willy Haryono • 08 September 2021 08:21
Kopenhagen: KBRI Kopenhagen menyelenggarakan jamuan kenegaraan Resepsi Diplomatik dalam rangka memperingati perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia. Resepsi diadakan di Wisma Duta Besar RI Kopenhagen pada Senin, 6 September.
 
Resepsi Diplomatik dihadiri sekitar 150 orang dari Pemerintah Denmark, kalangan diplomatik, pengusaha, akademisi, tokoh masyarakat, serta masyarakat Indonesia di Denmark. Resepsi ini juga dalam rangka memperingati 71 tahun hubungan bilateral Indonesia dan Denmark.
 
Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan Lagu Kebangsaan Denmark Der er et Yndigt Land, dibawakan secara instrumental menggunakan alat musik piano. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sambutannya, Duta Besar Dewi Savitri Wahab menyampaikan capaian perkembangan hubungan bilateral antara Indonesia dan Denmark. Disebutkan bahwa hubungan bilateral terjalin semakin solid di berbagai bidang, termasuk investasi dan perdagangan, proyek infrastruktur Denmark di Indonesia, kesehatan, dan energi terbarukan.
 
Kerja sama tersebut terbingkai dalam the Innovative Partnership for the 21st Century yang ditandatangani kedua pihak pada 2015.
 
Dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Rabu, 8 September 2021, Dubes Dewi menyampaikan bahwa peningkatan kerja sama investasi di tengah pandemi Covid-19 menjadi bukti eratnya kemitraan Indonesia-Denmark yang dirasakan langsung masyarakat kedua negara.
 
Tercatat, investasi Denmark ke Indonesia sampai dengan periode Triwulan I 2021 adalah USD9,35 juta, yang terdiri dari 74 proyek investasi.
 
Perusahaan-perusahaan Denmark seperti ECCO, ISS, Novo Nordisk, dan Maersk juga mantap berkiprah di Indonesia, terlepas dari adanya pandemi saat ini.
 
Keberhasilan hubungan bilateral lainnya adalah semakin eratnya hubungan masyarakat kedua negara, termasuk di bidang pendidikan. Sebagai catatan, enam universitas di Denmark kembali menjadi tujuan penerima beasiswa LPDP tahun ini.
 
Dubes Dewi juga mengapresiasi individu-individu yang terlibat langsung dalam meningkatkan hubungan masyarakat kedua negara melalui karya mereka, termasuk buku, lukisan, hingga restoran Indonesia.
 
Baca:  Round of Circles, Pameran Tunggal Seniman Indonesia di Denmark
 
Resepsi diplomatik kali ini juga menjadi sarana promosi Indonesia melalui tampilan beberapa tarian tradisional dan lukisan Indonesia di Wisma Duta.
 
Para tamu juga dimanjakan beragam hidangan Tanah Air, seperti mi goreng, berbagai jenis sate, martabak telor, ketan rending, rujak. Hadir juga deretan jajanan tradisional Indonesia seperti bubur ketan hitam, lapis legit, klepon, dan pastel.
 
Resepsi dilaksanakan setelah mempertimbangkan pelonggaran pembatasan Covid-19 oleh Pemerintah Denmark. Saat ini, Pemerintah Denmark telah memperbolehkan acara perkumpulan yang melibatkan banyak orang tanpa memberikan batasan jumlah tamu.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif