Mantan Presiden AS Donald Trump dinyatakan bersalah atas tuduhan penipuan usaha./AFP
Mantan Presiden AS Donald Trump dinyatakan bersalah atas tuduhan penipuan usaha./AFP

Trump Dinyatakan Bersalah Atas Tuduhan Penipuan Usaha

Internasional Amerika Serikat donald trump New York
Marcheilla Ariesta • 26 April 2022 09:17
New York: Seorang hakim Amerika Serikat (AS) menahan mantan presiden Donald Trump di pengadilan karena gagal menyerahkan dokumen. Dokumen yang diminta untuk penyelidikan kemungkinan penipuan dalam urusan bisnis keluarga Trump.
 
Hakim, Arthur Engoron, memutuskan untuk mendukung Jaksa Agung New York, Letitia James, yang tengah melakukan penyelidikan perdata terhadap mantan presiden dan Trump Organization.
 
James berhasil berargumen bahwa Trump melanggar perintah pengadilan untuk menyerahkan dokumen akuntansi dan pajak kepada penyelidiknya pada 31 Maret lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dalam kemenangan besar, pengadilan memutuskan untuk mendukung (permintaan) untuk menahan Donald Trump dalam penghinaan terhadap pengadilan," kata James di akun Twitter-nya, dilansir dari France24, Selasa, 26 April 2022.
 
Pada Januari lalu, James mengatakan investigasinya menemukan bukti yang nenunjukkan adanya penilaian curang dari beberapa aset dan salah mengartikan nilai-nilai itu sebagai keuntungan ekonomi.
 
Baca juga: Donald Trump Jr Sebut Ayahnya Pura-Pura Gemari Tokoh-Tokoh Diktator
 
Di antara aset yang terdaftar adalah penthouse Trump di Trump Tower Manhanttan, yang diklaim berukuran tiga kali lebih besar dari yang sebenarnya.
 
James dapat menuntut Trump Organization untuk ganti rugi dari segala dugaan pelanggaran keuangan, namun tidak dapat mengajukan tuntutan pidana.
 
Keluarga Trump mengklaim James, yang terpilih untuk posisinya dan merupakan anggita Partai Demokrat, menjalankan penyelidikan bermotif politik.
 
Pada Februari, Trump dan anak-anaknya Don Jr dan Ivanka diperintahkan oleh hakim untuk mengajukan pernyataan di bawah sumpah. Perintah itu saat ini sedang dalam proses banding.
 
Penyelidikan James, meripakan salah satu dari beberapa 'pertempuran' hukum di mana Trump terlibat. Trump Organization juga berada di bawah investigasi Jaksa Distrik Manhattan untuk kemungkinan kejahatan keuangan dan penipuan asuransi.
 
Juli lalu, Trump Irganization dan kepala keuangannya yang telah lama menjabat, Allen Weisselberg, mengaku tidak bersalah di pengadilan New York untuk 15 tuduhan penipuan dan penghindaran pajak.
 
Persidangannya akan dimulai pertengahan tahun ini.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif