Pasukan militer Israel (ABBAS MOMANI / AFP)
Pasukan militer Israel (ABBAS MOMANI / AFP)

AS Jual Senjata Ratusan Juta Dolar ke Israel, Dukungan Gencatan Senjata Omong Kosong?

Internasional Amerika Serikat konflik israel israel palestina joe biden
Rendy Renuki H • 18 Mei 2021 14:39
Jakarta: Amerika Serikat (AS) dilaporkan menjual senjata hingga ratusan juta dolar ke Israel. Padahal, Presiden AS Joe Biden sempat melontarkan dukungan gencatan senjata antara Israel dan Palestina.
 
Dukungan disampaikannya lewat sambungan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Namun apa yang disampaikan Biden tampak bertolak belakang dengan menjual senjata di saat konflik Israel-Palestina sedang memanas.
 
Melansir Jerusalem Post, pemerintah AS menyetujui penjualan senjata senilai USD735 juta (sekitar Rp10,5 triliun) ke Israel. Biden sendiri yang menyetujui kesepakatan tersebut, Senin 17 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Senjata yang dijual dalam kesepakatan itu pun tak main-main. Israel akan mendapatkan rudal akurat dan kemampuan amunisi khusus yang dimiliki AS.
 
Sementara, laporan Washington Post, kesepakatan penjualan senjata telah dibahas sepekan sebelum serangan pertama Israel ke Palestina. Informasi itu dibeberkan anggota parlemen AS yang enggan disebutkan namanya.
 
Langkah penjualan senjata itu pun sempat mendapatkan kritikan. Pasalnya bukan gencatan senjata yang akan terjadi, melainkan kemungkinan peperangan dan kekerasan lainnya.
 
"Penjualan senjata ini yang dilakukan tanpa adanya penekanan ke Israel untuk menyetujui gencatan senjata hanya akan memungkinkan terjadinya pembantaian lebih lanjut," ujar sumber tersebut.
 
Hingga kini, data milik PBB melansir telah ada 208 orang Palestina yang tewas, termasuk 58 anak-anak, dalam konflik tersebut. Sedangkan di kubu Israel, total korban tewas mencapai 10 orang, dua di antaranya adalah anak-anak.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif