Raja Charles III dari Kerajaan Inggris. (AFP)
Raja Charles III dari Kerajaan Inggris. (AFP)

Penobatan Raja Charles III Akan Digelar pada 6 Mei 2023

Medcom • 23 Januari 2023 18:24
London: Istana Buckingham telah mengumumkan tanggal upacara penobatan Raja Charles III di Westminster Abbey, yaitu 6 Mei 2023. Upacara tersebut berbeda satu bulan dari penobatan mendiang Ratu Elizabeth II pada 2 Juni 1953.
 
Momen terpenting dari upacara tersebut adalah mempertahankan perspektif sejarah dan agama yang sebelumnya telah dilakukan di penobatan Ratu Elizabeth II sekitar 70 tahun lalu. Charles juga menyebut bahwa dirinya ingin menjadi pembela semua agama ketimbang satu keyakinan saja. 
 
Dalam rangkaian penobatan nanti, kebaktian hanya akan berlangsung sekitar dua jam, dibandingkan Ratu Elizabeth II dengan durasi tiga jam. Penobatan Charles akan dipimpin Uskup Agung Canterbury, Justin Welby.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mengutip dari laman The Telegraph Online, Senin, 23 Januari 2023, Raja Charles akan memakai Mahkota St Edward, yang telah dihapus dari tampilan Menara London agar sesuai dengan tampilan raja baru itu. Sebelumnya, mahkota tersebut dibuat untuk Charles II di tahun 1661. 
 
Mahkota mewah dengan tinggi 30 sentimeter dan berat 2,23 kilogram itu berbahan baku emas padat yang dihiasi 444 batu permata dan batu semi mulia.
 
Setelah penobatan, akan ada penampilan balkon di Istana Buckingham oleh anggota "pekerja" keluarga kerajaan terpilih.
 
Pada tanggal 7 Mei, akan digelar pertunjukan cahaya dan konser di Kastil Windsor, dengan anggota paduan suara yang dipilih dari perwakilan Layanan Kesehatan Nasional (NHS), pengungsi, LGBTQ, grup penyanyi dan penyandang tunarungu. Hal ini diharapkan agar acara tersebut bersifat inklusif.
 
Di hari berikutnya, warga Inggris diimbau mengadakan "pesta jalanan Coronation Big Lunch" di seluruh Inggris Raya, yang akan menjadi hari libur bagi dunia perbankan dan bursa saham.
 
Pemerintah Inggris akan menanggung seluruh biaya penobatan sang raja.
 
Bagi Raja Charles, penobatan ini juga akan memberinya kesempatan mengalihkan isu terkait putra bungsunya, Pangeran Harry, yang telah keluar dari kerajaan untuk mendirikan perusahaan di California dengan istrinya, Meghan Markle yang berkebangsaan Amerika Serikat (AS).
 
Kehadiran Harry dan Meghan belum dapat dipastikan, mengingat undangan acara penobatan yang belum dibagikan. (Jessica Gracia)
 
Baca juga:  Harry Takut Punya Ibu Tiri Jahat, Minta Raja Charles Tak Nikahi Camilla
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif