Wisatawan di Italia gunakan masker untuk cegah virus korona. Foto: AFP
Wisatawan di Italia gunakan masker untuk cegah virus korona. Foto: AFP

WNI Diimbau Tidak Mengunjungi Wilayah Utara Italia

Internasional Virus Korona italia Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 04 Maret 2020 11:13
Roma: KBRI Roma mengimbau warga negara Indonesia (WNI) tidak melakukan perjalanan ke sejumlah wilayah yang terdampak wabah virus korona di utara Italia.
 
Kota-kota yang dimaksud termasuk Bertonico, Casalpusterlengo; Castelgerundo; Castiglione D’Adda; Codogno; Fombio; Maleo; San Fiorano; Somaglia; Terranova dei Passerini, dan Vo ‘Euganeo. Daftar kota ini akan diperbarui sesuai perkembangan yang ada.
 
“Bagi WNI yang tinggal di kota-kota tersebut untuk selalu mengikuti arahan dan ketentuan pencegahan penyebaran virus corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah Italia dan pemerintah daerah setempat,” demikian keterangan tertulis KBRI Roma, yang diterima Medcom.id, Rabu, 4 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warga Negara Indonesia (WNI) di Italia juga diimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaan serta menjaga kebersihan dan kesehatan diri, termasuk di antaranya sering membersihkan tangan dengan menggunakan sabun antiseptik dan air atauhand-sanitizerberbasis alkohol, serta jika memungkinkan menggunakan masker dan menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk.
 
Dari total 2.864 WNI yang tercatat di Italia, sebanyak 1.068 orang di antaranya berada di kota-kota wilayah utara negara tersebut.
 
Selain itu, Kementerian Luar Negeri RI mencatat ada lima WNI yang terdampak penutupan akses atau berada di zona merah yakni di daerah Lombardy.
 
KBRI Roma sudah secara proaktif menyampaikan berbagai informasi mengenai keamanan dan keselamatan terkait covid-19 kepada WNI baik melalui media sosial maupun saluran informasi lainnya. Hingga Selasa, dilaporkan tidak ada WNI di Italia yang terinfeksi virus korona atau covid-19.
 
Italia kini memiliki jumlah tertinggi kematian terkait virus korona di luar Tiongkok. Tercatat 79 orang tewas melampaui Iran yang mencapai 77 orang tewas.
 
Otoritas kesehatan Italia sedang mempertimbangkan untuk mendirikan zona merah karantina baru untuk mencoba menahan wabah virus korona covid-19 itu. Italia menjadi negara Eropa yang paling parah dilanda wabah ini, setelah korban tewas dan jumlah kasus melonjak.
 
Korban tewas akibat virus korona saat ini mencapai 3.160 jiwa di seluruh dunia. Adapun mereka yang terinfeksi mencapai 92.844 orang dan warga yang sembuh mencapai 48.229.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif