Jon Ossoff (kiri) dan Pastor Raphael Warnock kuasai kursi Senat AS untuk wilayah Georgia. Foto: AFP
Jon Ossoff (kiri) dan Pastor Raphael Warnock kuasai kursi Senat AS untuk wilayah Georgia. Foto: AFP

Demokrat Kuasai Kursi Senat AS, Kepemimpinan Biden Mulus

Internasional amerika serikat partai demokrat joe biden Pendukung Trump Rusuh
Marcheilla Ariesta • 07 Januari 2021 14:49
Atlanta: Partai Demokrat memenangkan posisi di Kongres Amerika Serikat (AS). Demokrat berhasil mendapat suara dalam pemilihan putaran kedua di Georgia.
 
Kemenangan di Georgia ini memberikan kontrol Partai Demokrat atas majelis dan meningkatkan prospek agenda legislatif Presiden terpilih AS, Joe Biden.
 
Pastor Raphael Warnock memenangkan satu kursi. Rekannya Jon Ossoff, juga memimpin dengan angka tipis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Warnock juga menjadi warga AS kulit hitam pertama dari Partai Demokrat yang memenangkan kursi Senat di Georgia, mengalahkan petahana dari Partai Republik, Kelly Loeffler.
 
"Ini adalah waktu untuk membalik halaman. Rakyat Amerika menuntut tindakan dan mereka menginginkan persatuan," tutur Joe Biden, dilansir dari BBC, Kamis, 7 Januari 2021.
 
Kemenangan Warnock di Georgia juga menegaskan perubahan politik selama bertahun-tahun di negara bagian tersebut, di mana semakin banyak kelompok minoritas dan warga berpendidikan perguruan tinggi mengubah wilayah yang lama didominasi kubu Partai Republik.
 
"Saya mengucapkan selamat kepada rakyat Georgia, yang sekali lagi mencetak rekor untuk memberikan suara, seperti yang mereka lakukan pada November, untuk memilih dua senator baru, menuntut aksi nyata, dan menyerukan para pemimpin terpilih untuk mengakhiri kebuntuan dan menggerakan kita semua maju sebagai bangsa,” seru Biden.
 
Hasil ini menjadi angin segar bagi Biden, terutama di tengah drama pengesahannya di Kongres AS saat ini yang terganggu serangan dari pendukung Donald Trump. Namun dipekirakan Biden akan mendapatkan pengesahan dengan cepat, ditambah dengan banyaknya anggota Partai Republik berbalik arah mendukung pengesahannya.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif