Paus Fransiskus memimpin Misa Malam Natal dalam suasana sederhana. Foto: AFP
Paus Fransiskus memimpin Misa Malam Natal dalam suasana sederhana. Foto: AFP

Paus Pimpin Misa Malam Natal Sederhana di Tengah Pandemi Covid-19

Internasional paus fransiskus Natal vatikan
Fajar Nugraha • 25 Desember 2020 05:23
Vatikan City: Paus Fransiskus merayakan Misa Malam Natal dalam suasana sederhana di tengah pandemi virus korona pada Kamis 24 Desember. Pada wejangannya Paus mengatakan setiap orang harus berkewajiban membantu yang membutuhkan, karena Yesus sendiri terlahir sebagai orang buangan yang miskin.
 
Misa diadakan di bagian belakang Basilika Santo Petrus dengan kurang dari 100 peserta dan hanya sejumlah kecil kardinal dan uskup yang hadir. Protokol kesehatan covid-19 memaksa Vatikan mengubah Misa Malam Natal tahun ini.
 
Biasanya Misa Malam Natal diadakan di bagian utama Basilika dan dihadiri hingga 10.000 orang, termasuk korps diplomatik yang mewakili hampir 200 negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setiap orang kecuali Paus dan paduan suara kecil mengenakan Masker selama Misa. Pelaksanaan Misa pun dimulai dua jam lebih awal dari biasanya sehingga bahkan sejumlah orang yang hadir dapat pulang ke rumah pada Pukul 10.00 malam.
 
"Anak Allah dilahirkan sebagai orang buangan, untuk memberi tahu kita bahwa setiap orang yang terbuang adalah anak Allah," kata Paus dalam homilinya, seperti dikutip AFP, Jumat 25 Desember 2020.
 
Paus menambahkan Natal harus membuat setiap orang merenungkan "ketidakadilan kita terhadap begitu banyak saudara dan saudari kita”.  “Alih-alih mengejar keinginan tak berujung kita untuk memiliki dan kesenangan sesaat,” imbuh Paus.
 
"Tuhan datang di antara kami dalam kemiskinan dan kebutuhan, untuk memberi tahu kami bahwa dalam melayani orang miskin, kami akan menunjukkan cinta kami kepadanya," sebut Paus berusia 84 tahun itu, yang merayakan Natal kedelapan masa kepausannya.
 
Pada Jumat, Paus akan membacakan pesan "Urbi et Orbi" (ke kota dan dunia) dari sebuah aula di dalam Vatikan. Umumnya pesan Urbi et Orbi dilakukan dari balkon pusat Lapangan Santo Petrus, sebuah peristiwa yang biasanya menarik puluhan ribu orang.

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif