PM Yunani Kyriakos Mitsotakis. (Iakovos HATZISTAVROU/POOL/AFP
PM Yunani Kyriakos Mitsotakis. (Iakovos HATZISTAVROU/POOL/AFP

Yunani Umumkan Lockdown Nasional Kedua Covid-19

Internasional Virus Korona yunani pandemi covid-19
Willy Haryono • 05 November 2020 20:44
Athena: Pemerintah Yunani kembali mengumumkan kebijakan penguncian (lockdown) berskala nasional pada Kamis, 5 November 2020, selama tiga pekan untuk membantu meredam penyebaran virus korona (covid-19). Lockdown nasional ini akan menjadi yang kedua sepanjang tahun ini.
 
"Saya memilih mengambil langkah drastis saat ini ketimbang nanti," kata Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, dilansir dari laman The Globe and Mail.
 
Meski pernah mengatakan bahwa lockdown nasional adalah opsi terakhir, Mitsotakis mengaku terpaksa bertindak saat melihat lonjakan kasus covid-19 di Yunani dalam lima hari terakhir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, jika lockdown nasional kedua ini tidak diterapkan, maka tekanan terhadap layanan kesehatan di Yunani menjadi sangat berat dan "tidak bisa ditanggulangi lagi"
 
Di bawah lockdown nasional kedua di Yunani mulai Sabtu mendatang, semua bisnis retail harus ditutup kecuali supermarket dan farmasi. Warga Yunani juga harus mengantongi izin untuk dapat keluar rumah di waktu tertentu.
 
Sekolah dasar di Yunani akan tetap dibuka, namun sekolah menengah pertama dan atas ditutup.
 
Baca:  Yunani Berlakukan Lockdown usai Lonjakan Kasus Covid-19
 
Jumlah kasus covid-19 di Yunani relatif lebih rendah dari sebagian besar negara Eropa lainnya. Ini dikarenakan Yunani langsung memberlakukan lockdown ketat saat covid-19 pertama kali muncul di negara itu pada Februari.
 
Meski angka kasusnya terus menurun sejak Maret, jumlahnya kini melonjak pada awal Oktober. Lonjakan covid-19 di Yunani juga terjadi di sejumlah negara lainnya di Eropa, termasuk Prancis dan Inggris yang juga memulai lockdown nasional kedua.
 
"Kemunculan kembali covid-19 di Yunani relatif agrsif," ujar penasihat sains pemerintah Yunani, Sotiris Tsiodras, yang berbicara di samping Mitsotakis.
 
Rabu kemarin, Yunani mencatat 2.646 infeksi harian yang menjadikan totalnya mencapai 26.892. Sejauh ini, covid-19 telah menewaskan 673 orang di Yunani.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif