Pangeran Charles akan menggantikan Ratu Elizabeth untuk membuka Parlemen. Foto: AFP
Pangeran Charles akan menggantikan Ratu Elizabeth untuk membuka Parlemen. Foto: AFP

Pangeran Charles Gantikan Ratu dalam Pembukaan Parlemen Inggris

Internasional kerajaan inggris Inggris Pangeran Charles Ratu Elizabeth II
Medcom • 10 Mei 2022 10:46
London: Istana Buckingham pada Senin, 9 Mei 2022 mengumumkan Pangeran Charles akan menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth, dalam upacara pembukaan parlemen Inggris hari ini. Masalah mobilitas Ratu menjadi alasan di baliknya.
 
“Ratu masih sekali-kali mengalami masalah mobilitas,” kata istana dalam pernyataannya, dikutip dari The New Arab.
 
"Atas permintaan Yang Mulia, dan dengan persetujuan otoritas terkait, Pangeran Wales akan membacakan Pidato Ratu atas nama Yang Mulia,” lanjut pernyataan tersebut, merujuk pada putra sulung dan pewaris takhtanya, Charles.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cucu tertua Ratu, Pangeran William, juga akan menghadiri upacara Pembukaan Parlemen Negara.
 
Sebagai kepala negara, Ratu biasanya memimpin acara tahunan itu, membacakan program legislatif pemerintah dalam pidato di House of Lords.
 
Namun, Istana Buckingham belum memberikan konfirmasi apakah Ratu akan menghadiri gelaran tahun ini, yang puncaknya berada pada Pidato Ratu.
 
Ratu, yang berusia 96 tahun, jarang terlihat di depan umum sejak bermalam di rumah sakit Oktober tahun lalu. Pemegang Takhta Kerajaan Inggris itu juga sempat mengeluhkan kesulitan berdiri dan bekerja, juga terjangkit covid-19.
 
Ia hanya pernah melewatkan dua pembukaan negara selama 70 tahun kedudukannya, yakni pada tahun 1959 dan 1963, ketika hamil dengan Pangeran Andrew dan Pangeran Edward.
 
Kehadirannya dalam gelaran publik pun dikurangi dalam beberapa bulan terakhir. Pekan lalu, istana mengumumkan ia tidak akan menghadiri pesta taman kerajaan pada musim panas ini, yang biasa selalu dilakukannya setiap tahun.
 
Ratu baru-baru ini kembali ke Istana Windsor setelah beristirahat selama seminggu di Sandringham di Norfolk, Inggris, di mana ia merayakan ulang tahunnya yang ke-96 secara tertutup pada 21 April.
 
Mengacu pada tradisi kerajaan sejak abad ke-18, Ratu memiliki ulang tahun resmi kedua, yang biasanya dirayakan saat cuaca lebih hangat di bulan Juni.
 
Ulang tahun resmi Ratu tahun ini bertepatan dengan Platinum Jubilee, dan empat hari acara publik dari 2 hingga 5 Juni untuk merayakan tahun ke-70 menduduki takhta. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif