Pagelaran seni dan budaya Indonesia 'Ensemble pour Semeru' di Prancis./Dok. KBRI Paris
Pagelaran seni dan budaya Indonesia 'Ensemble pour Semeru' di Prancis./Dok. KBRI Paris

Diaspora RI di Prancis Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru

Marcheilla Ariesta • 30 Januari 2022 17:46
Paris: Indonesian Diaspora Network France bekerja sama dengan 9 asosiasi persahabatan Indonesia-Prancis, dan dengan dukungan KBRI Paris serta Komite Budaya Kantor Walikota Paris 1, telah menyelenggarakan pagelaran seni dan budaya Indonesia 'Ensemble pour Semeru'. Dukungan ini sebagai solidaritas untuk korban erupsi Gunung Semeru.
 
Kegiatan ini diselenggarakan pada 27 Januari 2022 di Pusat Budaya dan Olahraga Jeam Dame, Paris.
 
"Kegiatan ini bertujuan menggalang dana bantuan kepedulian terhadap korban erupsi Gunung Semeru," kata KBRI Paris dalam pernyataannya, Minggu, 30 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pagelaran seni dan budaya Indonesia yang difasilitasi oleh Komite Budaya Kantor Walikota Paris 1 ini tidak hanya melibatkan asosiasi yang bergerak di bidang sosial budaya, namun juga sejumlah seniman Indonesia seperti Joko Sudibyo dan Ni Kadek Yulia Puspasari, para indonesianis, dan diaspora Indonesia yang menetap di Prancis seperti Anggun C. Sasmi yang menyampaikan pesan video tentang cara menyampaikan donasi.
 
Sedikitnya 40 orang pelaku seni profesional dan amatir dari kalangan diaspora dan Indonesianis di Prancis tampil di atas panggung mempertunjukkan tari dan musik tradisional juga kontemporer Indonesia.
 
Paduan gamelan tradisional dan tari kontemporer serta latar belakang audiovisual juga ditayangkan sebagai simbol peralihan masyarakat Indonesia ke arah modernisasi tanpa melupakan latar belakang tradisi leluhur.
 
"Esensi dari tampilan budaya dan kesenian Indonesia adalah harmoni, yang menggambarkan keseimbangan, keselarasan, keserasian, kebersamaan dan solidaritas yang merangkul sesama," kata Duta Besar RI Paris, Mohamad Oemar.
 
Gambaran ini sejalan dengan kepedulian diaspora Indonesia terhadap para korban erupsi Gunung Semeru.
 
"Pemerintah RI telah mengambil berbagai langkah tanggap darurat untuk menyediakan bantuan langsung bagi penduduk sekitar Gunung Semeru yang menjadi korban erupsi, termasuk pembangunan wilayah hunian baru di lokasi yang lebih aman," lanjutnya.
 
Malam pagelaran seni dan budaya ini telah menggalang dana sekitar 1.070 euro yang disampaikan secara fisik setelah acara, dan sekitar 1.690 euro melalui platform www.gofundme.com (sekitar Rp44 juta). Keseluruhan dana yang terkumpul akan disampaikan melalui asosiasi Tangan Pengharapan di Indonesia.
 
Ketua Komite Budaya Kantor Wali Kota Paris 1 Carla Arigoni, menyatakan kagum dengan berbagai bentuk ekspresi seni dan budaya Indonesia yang indah dan menakjubkan. Ia berharap dapat segera berkunjung ke Indonesia.
 
Indonesian Diaspora Network France dibentuk pada tahun 2016. Saat ini dipimpin oleh Nina Hanafi. Dalam catatan KBRI Paris, sedikitnya 60 asosiasi persahabatan Indonesia-Prancis telah dibentuk oleh masyarakat Indonesia untuk menjalankan berbagai kegiatan di bidang sosial, kemanusiaan, seni dan budaya serta olahraga.
 
Pemerintah Prancis menjalankan kebijakan yang berpihak pada aktivitas berorganisasi, termasuk memberikan fasilitasi bahkan subsidi rutin dengan pertimbangan tertentu untuk pengembangan kegiatan asosiasi.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif