Kelas Bahasa Indonesia BIPA kembali dibuka di Peru untuk Semester II tahun 2022. (Kemenlu RI)
Kelas Bahasa Indonesia BIPA kembali dibuka di Peru untuk Semester II tahun 2022. (Kemenlu RI)

Kelas Bahasa Indonesia BIPA Kembali Dibuka di Peru, Ratusan Orang Mendaftar

Willy Haryono • 14 September 2022 08:06
Lima: Memahami bahasa asing sangatlah penting karena dengan demikian kita dapat memahami masyarakat dan budaya suatu bangsa. demikian dikatakan Duta Besar Indonesia untuk Peru merangkap Bolivia, Ibu Marina Estella Anwar Bey, pada Pembukaan Kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) KBRI Lima Semester II Tahun 2022 pada 12 September 2022.
 
Dalam kurun waktu satu minggu sejak dibukanya pendaftaran, sebanyak 247 warga negara Peru telah mendaftar untuk Kelas BIPA Semester II Tahun Ajaran 2022. Untuk semester kedua ini, KBRI Lima membuka tiga kelas yang terdiri dari dua kelas tingkat pemula (A1, masing - masing 94 peserta) dan satu kelas tingkat lanjutan (A2 – 59 peserta). 
 
Kelas BIPA di KBRI Lima telah diadakan sejak tahun 2009 secara tatap muka dan pada tahun 2020 beralih ke virtual dikarenakan pandemi Covid-19. Kelas BIPA menggunakan Buku Standar Bahasa Indonesia bagi Penutur Bahasa Asing yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri pada Selasa, 13 September 2022, Kelas BIPA Semester II Tahun 2022 akan berlangsung dalam 24 kali pertemuan. Dari tiga tenaga pengajar kelas BIPA, satu di antaranya adalah warga negara Peru alumni Beasiswa Darmasiswa dan Kelas BIPA yang telah diselenggarakan sebelumnya oleh KBRI Lima.
 
"Selain Bahasa Indonesia, para pengajar juga akan memperkenalkan tentang masyarakat dan budaya Indonesia seperti adat istiadat, tarian, masakan khas Indonesia, destinasi wisata Indonesia sehingga semakin memperkaya pengetahuan para peserta tentang Indonesia," ungkap Dubes Marina.
 
Salah satu peserta BIPA, Dokter Reiser Ruiz yang beristrikan orang Indonesia, sangat antusias mengikuti kelas BIPA ini.
 
"Dengan mengikuti kursus BIPA ini harapan saya dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia dengan orang tua dan keluarga besar dari istri saya pada saat nanti berkunjung ke Indonesia," ucapnya.
 
Pelaksanaan Kelas BIPA oleh KBRI Lima mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Kota Lima, di mana Koordinator Beasiswa Internasional Pemerintah Kota Lima, Ibu Betty Coronado Diaz, turut hadir pada acara pembukaan dan menyampaikan dukungan Pemerintah Kota Lima bagi pelaksanaan kelas BIPA yang kembali diadakan oleh KBRI Lima.
 
Sejak tahun 2019, Kantor Pemerintah Kota Lima berkolaborasi dengan KBRI Lima dalam berbagai kegiatan promosi Indonesia di sekolah sekolah maupun masyarakat melalui kelas tutorial memasak masakan Indonesia, penampilan tarian tradisional Indonesia dan pertunjukan alat musik angklung.?
 
Baca:  Belajar Bahasa Indonesia Sambil Tawar Menawar Produk ala Murid Australia
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif