Ken Starr, pemimpin investigasi Bill Clinton. (AFP/GettyNorth America/Win McNamee/Alex Edelman/Stephen Jaffe)
Ken Starr, pemimpin investigasi Bill Clinton. (AFP/GettyNorth America/Win McNamee/Alex Edelman/Stephen Jaffe)

Pemimpin Investigasi Dugaan Perselingkuhan Bill Clinton Meninggal di Usia 76 Tahun

Medcom • 14 September 2022 14:52
Texas: Ken Starr, pemimpin investigasi Bill Clinton, meninggal pada Selasa, 13 September 2022, di usia 76 tahun. Investigasi yang ia pimpin merujuk pada tuduhan bahwa Bill Clinton berbohong tentang perselingkuhannya dengan anak magang di Gedung Putih, Monica Lewinsky.
 
Menurut pernyataan keluarganya, Starr meninggal di Houston, Texas, akibat komplikasi dari operasi medis yang ia lakukan. Mantan hakim dan pendukung hukum yang konservatif ini dikenal sebagai pemimpin penyelidikan kasus tuduhan terhadap Clinton pada Desember 1988.
 
Presiden dari Partai Demokrat itu kemudian dibebaskan majelis tinggi pada tahun berikutnya. Keterlibatan Starr dengan Clinton bermula ketika Starr ditunjuk sebagai pengacara khusus pada tahun 1994 untuk menyelidiki skandal Whitewater yang melibatkan Bill dan Hillary Clinton.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penyelidikan itu meluas ke dugaan perselingkuhan presiden dengan Lewinsky yang pada saat itu berumur 24 tahun. Laporan bernama Starr Report itu mendokumentasikan hubungan seksual presiden dengan Lewinsky, yang berujung pada tuduhan pelanggaran sumpah palsu dan menghalang-halangi penyelidikan.
 
Starr, yang pernah disebut-sebut sebagai calon hakim Mahkamah Agung, menulis buku tentang penyelidikannya yang berjudul 'Contempt: A Memoir of the Clinton Investigation.' Majalah Time kemudian memilih Clinton dan Starr sebagai ‘Pria Terbaik Tahun Ini’ pada 1998.
 
Dalam perjalanannya, Starr telah ditunjuk sebagai hakim di umur 37 ttahun oleh presiden Ronald Reagan. Dirinya kemudian mengabdi sebagai jaksa agung pada 1989 hingga 1993 di bawah kepemimpinan presiden George H.W. Bush, memperdebatkan 25 kasus di Mahkamah Agung.
 
Starr juga diketahui telah mengabdi kepada presiden Baylor University pada 2010 hingga 2016, ketika dirinya ditugaskan menangani pengaduan kasus pelecehan seksual terhadap pemain American Football di sekolah pembaptis. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca:  Bill Clinton Pernah Kirim Agen Federal ke Area 51 untuk Mencari Alien
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif