Presiden Amerika Serikat Donald Trump. AFP
Presiden Amerika Serikat Donald Trump. AFP

Trump Tolak Ikut Debat Presiden AS Jika Digelar Virtual

Internasional Pilpres AS 2020 Debat Presiden Amerika
Marcheilla Ariesta • 08 Oktober 2020 22:49
Washington: Penyelenggara Debat Presiden Amerika Serikat (AS) mengubah format debat presiden menjadi virtual. Donald Trump menolak berpartisipasi dalam Debat Presiden AS jika digelar virtual itu.
 
"Saya tidak akan membuang-buang waktu untuk debat virtual. Bukan itu yang dimaksud dengan debat," ucap Trump dilansir dari New York Times, Kamis, 8 Oktober 2020.
 
Dalam wawancara televisi Fox Business, Trump menyebut format debat virtual konyol. Trump yang dites positif covid-19 pekan lalu menuduh komisi debat berusaha melindungi lawannya dari Partai Demokrat, Joe Biden dengan gagasan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya tidak bisa terima," kata Trump.
 
Presiden petahana itu mengatakan ia mengetahui perubahan debat virtual pada Kamis pagi, 8 Oktober 2020. Manajer kampanye Trump, Bill Stepien, mengecam komisi debat sebagai 'makhluk rawa' yang berusaha melindungi Biden.
 
Baca: Joe Biden: Tak Perlu Ada Debat Jika Trump Masih Sakit
 
"Keamanan semua pihak yang terlibat dapat dengan mudah dicapai tanpa membatalkan kesempatan bagi pemilih untuk melihat kedua kandidat saling berhadapan," tutur Stepien.
 
"Kami akan menyampaikan alasan menyedihkan ini untuk menyelamatkan Joe Biden," tambah dia.
 
Komisi Debat Presiden mengatakan demi keselamatan dan kesehatan semua yang terlibat, maka membatalkan rencana Kamis pekan depan untuk debat langsung di Miami.
 
Debat presiden dengan kandidat secara virtual memang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun, pada 1960, dalam debat ketiga antara John F. Kennedy dan Richard M. Nixon diadakan dari jarak jauh.
 
Kennedy berdebat dari studio televisi di New York, sedangkan Nixon muncul di Los Angeles.
 
(SUR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif