Paus Fransiskus luruskan ucapan mendukung pernikahan sejenis. Foto: AFP
Paus Fransiskus luruskan ucapan mendukung pernikahan sejenis. Foto: AFP

Paus Fransiskus Luruskan Komentar Dukungan Pernikahan Sesama Jenis

Internasional paus fransiskus homoseksual
Fajar Nugraha • 03 November 2020 15:05
Vatican City: Vatikan mengatakan, komentar Paus Fransiskus tentang dukungan undang-undang pernikahan sipil bagi kaum gay dalam sebuah film dokumenter, diambil di luar konteks. Mereka menegaskan tidak menandakan perubahan dalam doktrin Gereja tentang homoseksual atau dukungan untuk pernikahan sesama jenis.
 
Baca: Paus Fransiskus Suarakan Dukungan untuk Pernikahan Sesama Jenis.
 
Film dokumenter, Francesco, yang ditayangkan perdana di festival film Roma pada 21 Oktober, menjadi berita utama untuk komentar di mana Paus mengatakan bahwa kaum homoseksual memiliki hak untuk berada dalam sebuah keluarga dan bahwa undang-undang pernikahan sipil yang mencakup kaum homoseksual diperlukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Komentar Paus seperti yang digambarkan memicu pujian dari kaum liberal dan seruan untuk klarifikasi mendesak dari kaum konservatif.
 
Minggu lalu, Kementerian Luar Negeri Vatikan diam-diam mengirimkan "catatan penjelasan" kepada duta besarnya, yang mengirimkannya kepada para uskup.
 
Catatan itu pertama kali dilaporkan oleh penulis biografi kepausan Austen Ivereigh. Sumber Vatikan mengonfirmasinya pada Senin 2 November dan Duta Besar Vatikan untuk Meksiko mempostingnya di halaman Facebook-nya.
 
Dikatakan bahwa dua kutipan terpisah sebagai tanggapan atas pertanyaan terpisah disambung untuk muncul sebagai satu. Ini menghapus konteks dan pertanyaan yang saling terkait.
 
Sutradara film dokumenter itu, warga negara Amerika kelahiran Rusia Evgeny Afineevsky mengatakan, kepada wartawan bahwa dia telah mewawancarai Paus tetapi wartawan kemudian menemukan rekaman itu dalam wawancara 2019 dengan Televisi Meksiko. Beberapa sebelumnya tidak ditayangkan.
 
Setelah film dokumenter itu ditayangkan, Afineevsky menolak membahas proses penyuntingan. Tidak mungkin untuk segera menghubunginya untuk mengomentari catatan Vatikan.
 
Catatan tersebut mengatakan bahwa dalam kutipan pertama, Paus merujuk pada hak kaum homoseksual untuk diterima oleh keluarga mereka sendiri sebagai anak dan saudara kandung.
 
Beberapa melihat komentar tersebut sebagai homoseksual yang memiliki hak untuk membentuk keluarga.
 
Catatan itu mengatakan, komentar memotong dokumenter di mana Paus menyatakan penentangannya terhadap pernikahan homoseksual dan menjelaskan bahwa dia merujuk pada undang-undang persatuan sipil, yang telah diberlakukan beberapa negara untuk mengatur tunjangan seperti perawatan kesehatan.
 
Frasa di mana Paus Fransiskus mengatakan "adalah ketidaksesuaian untuk berbicara tentang pernikahan homoseksual" telah dipotong.
 
"Jelas bahwa Paus Fransiskus mengacu pada ketentuan negara tertentu dan tentu saja bukan doktrin Gereja, yang telah dia tegaskan kembali berkali-kali selama bertahun-tahun," kata catatan itu.
 
Gereja mengajarkan bahwa kecenderungan homoseksual tidak berdosa, tetapi tindakan homoseksual harus diperlakukan dengan hormat.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif