Marine Le Pen menggunakan hak suaranya dalam pemilu putaran kedua di Henin-Beaumont, Prancis, 24 April 2022. (Thomas SAMSON / AFP)
Marine Le Pen menggunakan hak suaranya dalam pemilu putaran kedua di Henin-Beaumont, Prancis, 24 April 2022. (Thomas SAMSON / AFP)

Partisipasi Pemilu Prancis Putaran Kedua Meningkat, Le Pen Berpeluang Menang

Internasional prancis pemilu prancis politik prancis Emmanuel Macron Marine Le Pen
Willy Haryono • 24 April 2022 19:03
Paris: Lebih dari seperempat pemilih terdaftar di Prancis telah menggunakan hak suara mereka dalam pemilihan umum presiden putaran kedua pada Minggu, 24 April 2022. Kabar disampaikan langsung Kementerian Dalam Negeri Prancis pada pukul 12.00 siang waktu setempat.
 
Menurut data kementerian, dikutip dari laman DW, tingkat partisipasi warga hingga tengah hari ini mencapai 26,4 persen, sedikit lebih tinggi dibanding 25,48 persen di putaran pertama.
 
Kendati begitu, tingkat partisipasi ini masih dua poin lebih rendah dibanding pemilu Prancis putaran kedua di tahun 2017.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah survei nasional Prancis mengindikasikan bahwa 1 dari 4 warga Prancis berpotensi tidak mengikuti pemilu kali ini. Menurut beberapa pengamat, tingkat partisipasi yang rendah membuat hasil pemillu Prancis tidak dapat diduga.
 
Marine Le Pen, tokoh sayap kanan Prancis yang menantang petahana Emmanuel Macron, dapat meraih kemenangan tak terduga jika tingkat partisipasi warga relatif rendah.
 
Menurut koresponden DW, Sonia Phalnikar, hasil pemilu Prancis masih sangat tak terduga, namun Le Pen memiliki peluang nyata untuk menang.
 
"Ia berhasil menjalankan kampanye di akar rumput. Ia juga berhasil menghaluskan citra radikal dari parttainya. Kini, memiliki sayap kanan bukan lagi sesuatu yang tabu di Prancis," ujarnya.
 
Phalnikar juga mengatakan bahwa pemilu Prancis putaran kedua ini berlangsung di musim liburan, sehingga dapat berpengaruh serius terhadap tingkat partisipasi warga.
 
Baca:  Seorang Pastor Prancis Ditikam di Hari Pemilu Putaran Kedua
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif