Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis. (SAKIS MITROLIDIS/AFP/Getty)
Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis. (SAKIS MITROLIDIS/AFP/Getty)

Yunani dan Turki Sepakat Memulai Kembali Dialog Damai

Internasional turki yunani
Willy Haryono • 23 September 2020 11:14
Athena: Pemerintah Yunani dan Turki sepakat untuk memulai kembali dialog untuk menyelesaikan berbagai konflik di antara mereka, termasuk isu eksplorasi sumber daya alam di Mediterania Timur. Nantinya dialog akan digelar di Istanbul, Turki.
 
Disitat dari ekathimerini.com, Rabu 23 September 2020, Kementerian Luar Negeri Yunani mengatakan, dialog dengan Turki akan digelar dalam waktu dekat, tanpa menyebutkan tanggal spesifik.
 
Kabar terbaru dari Athena disampaikan usai kantor kepresidenan Turki di Ankara mengonfirmasi bahwa pihaknya akan melanjutkan dialog damai terkait klaim maritim di Mediterania.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Konfirmasi dari Ankara muncul usai berlangsungnya sambungan telepon antara pemimpin Turki, Jerman, dan Uni Eropa. Dialog terakhir antara Turki dan Yunani terjadi di tahun 2016.
 
Sebelumnya pada awal September, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta UE untuk tetap "imparsial" dalam menyikapi ketegangan yang terjadi antara negaranya dan Yunani.
 
Pernyataan disampaikan Erdogan dalam sambungan telepon dengan Presiden Dewan Eropa Charles Michel pada Minggu 6 September.
 
Michel meminta Erdogan untuk menurunkan ketegangan dengan Yunani. Ia juga meminta agar Turki menahan diri dari tindakan-tindakan yang dapat memperburuk situasi.
 
Agustus lalu, Turki mengerahkan kapal eksplorasi Orus Reis ke perairan antara Yunani dan Siprus dalam misi mencari dan mengeksploitasi gas alam.
 
Hal tersebut membuat Yunani melakukan latihan angkatan laut untuk mempertahankan wilayah maritim mereka.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif