Kamala Harris dan Wakil Presiden AS Mike Pence bertarung dalam debat. Foto: AFP
Kamala Harris dan Wakil Presiden AS Mike Pence bertarung dalam debat. Foto: AFP

Harris Sebut Trump Kalah dalam Perang Dagang dengan Tiongkok

Internasional donald trump Pilpres AS 2020 Kamala Harris Mike Pence Debat Wakil Presiden Amerika
Marcheilla Ariesta • 08 Oktober 2020 10:10
Utah: Calon Wakil Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Kamala Harris menyerang pemerintahan Presiden Donald Trump mengenai perang dagang dengan Tiongkok. Harris mengatakan Trump sudah kalah dalam perang dagang tersebut.
 
Serangan tersebut disampaikan kepada rivalnya yang merupakan petahana dari Partai Republik, Mike Pence.
 
"Wakil presiden sebelumnya mengatakan bahwa perang dagang Presiden dengan Tiongkok adalah pencapaiannya," kata Harris, Kamis, 8 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anda kalah dalam perang dagang itu. Anda menghilangkannya, apa yang terjadi adalah Amerika kehilangan 300 ribu pekerjaan manufaktur," imbuhnya.
 
Harris melanjutkan, petani telah mengalami kebangkrutan dalam beberapa tahun terakhir, dan pekerjaan manufaktur terus menurun.
 
Menghadapi serangan Harris, Pence membantah mereka kalah perang dengan Tiongkok. Ia balas menyerang dengan mengatakan calon presiden dari Demokrat, Joe Biden, tidak pernah melawan Tiongkok.
 
"Joe Biden telah menjadi pemandu sorak bagi komunis Tiongkok selama beberapa dekade terakhir, dan Senator Harris, Anda berhak atas opini Anda, bukan fakta Anda sendiri," tutur Pence.
 
CNN melaporkan Trump menjadikan negosiasi ulang perjanjian perdagangan sebagai prioritas utama selama masa jabatan pertamanya. Ia mengambil Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara dan menegosiasikannya kembali menjadi Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada.
 
Upaya tersebut telah digembar-gemborkan oleh beberapa serikat pekerja dan produsen, namun para petani mengeluh tentang cara perang dagang telah merusak pasar untuk produk-produk AS mulai dari kedelai, keju, hingga daging babi.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif