Wapres AS Kamala Harris positif terinfeksi covid-19. Foto: AFP
Wapres AS Kamala Harris positif terinfeksi covid-19. Foto: AFP

Wapres AS Kamala Harris Positif Covid-19

Internasional Amerika Serikat Virus Korona covid-19 Kamala Harris
Marcheilla Ariesta • 27 April 2022 08:35
Washington: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris dinyatakan positif covid-19. Pengunguman Gedung Putih itu disampaikan pada Selasa, 26 April 2022.
 
Laman CNN melaporkan, Harris menerima vaksinasi kedua dengan vaksin Moderna pada Januari 2021. Ia kemudian mendapat dosis booster pertamanya pada akhir Oktober dan vaksin booster kedua pada 1 April 2022.
 
Tes positif covid-19 pada Harris datang setelah AS mencabut sebagian besar tindakan mitigasi covid-19, usai lonjakan varian Omicron selama musim dingin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sesuai pedoman kesehatan masyarakat federal, pejabat dan pengunjung tidak diharuskan memakai masker atau menjaga jarak di acara-acara besar Gedung Putih.
 
Kasus covid-19 di Washington menurun sejak puncaknya pada awal Januari 2022, ketika negara itu menghadapi gelombang kasus varian Omicron. Namun, baru-baru ini kasus positif virus korona di Negeri Paman Sam kembali meningkat.
 
Meski demikian, Gedung Putih terus mengadakan acara dalam ruangan yang ramai di mana penggunaan masker  opsional, dan para pejabat tidak menggunakan masker di depan umum.
 
Pemerintah mengatakan, mereka melampaui pedoman federal untuk mendeteksi covid-19 di gedung tersebut. Ada tes wajib bagi mereka yang melakukan kontak dengan Presiden Joe Biden dan menjaga jarak selama rapat, setidaknya jika memungkinkan.
 
Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan kantornya tidak mempertimbangkan untuk kembali ke pembatasan era pandemi.
 
"Kami terus menerapkan kebijakan kembali bekerja dan merasa kami memiliki langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan itu," katanya.
 
Sementara itu, juru bicara Wapres AS, Kirsten Allen menjelaskan Kamala dinyatakan  positif covid-19 setelah menjalani tes PCR usai melakukan kunjungan kerja seminggu di California.
 
"Dia tidak berkontak dengan Presiden maupun Ibu Negara karena jadwal perjalanan baru-baru ini," ujarnya.
 
Lewat Twitternya, Harris mengatakan bersyukur telah divaksinasi dan suntik booster. Ia mengaku tak mengalami gejala apapun.
 
Sementara, pihak Gedung Putih mengatakan, Presiden Joe Biden sudah menghubungi Harris untuk memastikan dia mendapatkan apa yang diperlukan selama menjalani karantina di rumah.
 
Kamala Harris telah menerima dosis kedua vaksin covid-19 produksi Moderna. Suntikan kedua vaksin Moderna itu diterima Harris di National Institutes of Health di Bethesda, Maryland, AS.
 
"Saya sudah divaksin, dan itu benar-benar tidak menimbulkan rasa sakit, relatif tidak sakit. Tapi saya ingin berterima kasih kepada semua orang di NIH atas semua yang kalian lakukan," kata Harris setelah menerima suntikan dosis kedua vaksin covid-19 tersebut.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif