Ilustrasi peretrasan. Foto: Medcom
Ilustrasi peretrasan. Foto: Medcom

Kemenlu AS Tawarkan Rp144 M Jika Bisa Temukan Hacker Rusia

Internasional Amerika Serikat hacker rusia peretasan
Medcom • 27 April 2022 11:53
Washington: Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) menawarkan USD10 juta (sekitar Rp144 miliar) sebagai ganjaran untuk siapapun yang bisa memberikan informasi lokasi enam peretas (hacker) Rusia lantaran diduga terlibat dalam serangan siber terhadap infrastruktur penting AS.
 
Para tersangka bekerja untuk Direktorat Intelijen Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Federasi Rusia, atau GRU.
 
Mereka tergabung dalam Unit 74455 GRU, yang menyebarkan malware NotPetya pada tahun 2017 hingga berdampak pada rumah sakit Pennsylvania dan bisnis swasta lainnya. Unit tersebut dikenal juga sebagai Sandworm Team, Telebots, Voodoo Bear, dan Iron Viking.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hadiah USD10 juta ditawarkan dalam mengimplementasikan program Penghargaan untuk Keadilan yang dijalankan Kementerian.
 
Tersangka pelaku kejahatan siber dijatuhi tuntutan oleh dewan juri pada 2020 atas penipuan dan penyalahgunaan komputer, penipuan telekomunikasi, merusak komputer yang dilindungi, dan tuduhan lainnya. 
 
Keenamnya diidentifikasi sebagai Yuriy Sergeyevich Andrienko, Sergey Vladimirovich Detistov, Pavel Valeryevich Frolov, Anatoliy Sergeyevich Kovalev, Artem Valeryevich Ochichenko, dan Petr Nikolayevich Pliskin.
 
Dalam beberapa minggu terakhir, pemerintahan Biden mengeluarkan peringatan yang menyebut intelijen yang diperolehnya menyatakan Rusia tengah mencoba sejumlah opsi baru untuk melangsungkan serangan dunia maya.
 
“Sebagian infrastruktur Amerika dimiliki dan dioperasikan oleh swasta.” ujar Biden dalam pernyataannya bulan lalu, dikutip dari Fox News, Rabu, 27 April 2022.
 
“Pemilik dan operator infrastruktur penting harus mempercepat upaya untuk mengunci pintu digitalnya,” tukas Biden. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif