Wapres AS Mike Pence sesaat sebelum serangan di Gedung Capitol 6 Januari 2021. Foto: AFP
Wapres AS Mike Pence sesaat sebelum serangan di Gedung Capitol 6 Januari 2021. Foto: AFP

Wapres AS: Mereka yang Membuat Kekacauan, Kalian Kalah!

Internasional politik as joe biden donald trump Pelantikan Joe Biden Pendukung Trump Rusuh
Fajar Nugraha • 07 Januari 2021 09:06
Washington: Setelah berhasil dievakuasi dari Gedung Capitol, di Washington, Amerika Serikat (AS) dari terjangan pendukung Donald Trump, Wakil Presiden AS Mike Pence melontarkan kecaman pada pedemo.
 
Baca: Massa Pendukung Donald Trump Serbu Gedung Kongres, Senat Dievakuasi.
 
Sebelumnya, Pence hadir di Gedung Capitol untuk menghadiri pengesahan Parlemen atas kemenangan Presiden terpilih Joe Biden pada pemilu. Namun pengesahan itu tertunda akibat massa pendukung Presiden Trump mendobrak masuk dan membuat kekcauan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami membela Capitol kami hari ini. Kami akan selalu berterima kasih. Pria dan wanita yang tetap di pos mereka untuk mempertahankan tempat bersejarah ini," kata Pence, seperti dikutip CNN, Rabu 6 Januari waktu AS atau Kamis 7 Januari 2021 waktu Indonesia.
 
"Mereka yang mendatangkan malapetaka di Capitol kita hari ini, kalian tidak menang. Kekerasan tidak pernah menang. Kebebasan menang. Ini masih rumah rakyat. Saat kita berkumpul kembali di ruangan ini, dunia akan kembali menyaksikan ketahanan dan kekuatan demokrasi kita,” tegasnya.
 
Sementara Jaksa Agung Distrik Columbia Karl Racine meminta Pence untuk mengatur Kabinet untuk menerapkan Amandemen ke-25 yang dapat mencopot Presiden Trump dari jabatannya.
 
"Apakah Anda suka  atau tidak, Wakil Presiden Pence faktanya dia lebih cocok untuk jabatan (Presiden) itu. Kami membutuhkan panglima tertinggi yang akan memenuhi tanggung jawab konstitusionalnya," katanya kepada CNN.
 
"Saya akan meminta wakil presiden, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya. Lakukan tugas konstitusional Anda. Lindungi Amerika, bela demokrasi, dan terapkan Amandemen ke-25,” ucap Racine.
 
"Itu mengharuskan Wakil Presiden Pence untuk bergerak dan mendapatkan mayoritas Kabinet atau mayoritas Kongres untuk segera mencopot Presiden karena dia jelas-jelas tidak layak untuk menjabat," pungkas Racine.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif