Kardinal Giovanni Angelo Becciu tiba-tiba mengundurkand diri dari jabatannya. Foto: AFP
Kardinal Giovanni Angelo Becciu tiba-tiba mengundurkand diri dari jabatannya. Foto: AFP

Diduga Terlibat Skandal Properti, Kardinal di Vatikan Mengundurkan Diri

Internasional paus fransiskus vatikan
Surya Perkasa • 25 September 2020 07:52
Vatikan City: Pejabat tinggi Vatikan, Kardinal Giovanni Angelo Becciu tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya, Takhta Suci mengumumkan pada Kamis 24 September 2020. Becciu dikenal sebagai pejabat paling senior kedua di Sekretariat Negara Vatikan.
 
Kardinal Becciu terlibat dalam kesepakatan kontroversial untuk membeli gedung mewah London dengan dana gereja sebagai investasi. Kesepakatan itu telah menjadi subyek investigasi keuangan. Namun dia menyangkal melakukan kesalahan.
 
“Paus telah menerima pengunduran diri dari kantor Prefek Kongregasi untuk Penyebab Orang-orang Suci dan dari hak-hak yang berhubungan dengan Kardinalat, yang disampaikan oleh Kardinal Giovanni Angelo Becciu," kata pernyataan dari Takhta Suci, seperti dikutip BBC, Jumat 25 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selama enam tahun, Kardinal Becciu berperan sebagai Pengganti Urusan Umum di Sekretariat Negara. Ia bertemu Paus setiap hari dan merupakan salah satu pembantunya yang paling tepercaya.
 
Selama waktunya dalam peran itulah dia dikaitkan dengan kesepakatan properti. Pembelian gedung mewah di Sloane Avenue London dibayar dengan dana dan perusahaan cangkang.
 
Sebanyak lima anggota staf diskors tahun lalu menyusul penggerebekan kantor Sekretariat tahun lalu. Petugas polisi Vatikan menyita dokumen dan komputer.
 
Awal tahun ini, Kardinal Becciu membela pembelian tersebut. "Sebuah bangunan diinvestasikan. Itu adalah kesempatan yang baik dan tepat, yang membuat iri banyak orang pada kami hari ini," katanya pada Februari lalu.
 
Kardinal Becciu, yang diangkat menjadi kardinal pada 2018, akan mempertahankan gelar tersebut meski telah mengundurkan diri dari kongregasi. Namun dia tidak akan bisa memilih Paus berikutnya.
 
Kardinal terakhir yang menyerahkan haknya untuk memilih Paus baru adalah Kardinal Keith O'Brien yang mengundurkan diri pada 2013 di tengah skandal seks.
 
(SUR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif