Emmanuel Macron (kiri) (Foto: AFP/Philippe Desmazes)
Emmanuel Macron (kiri) (Foto: AFP/Philippe Desmazes)

Ditampar Warga Sudah Biasa, Ini Kejadian Lebih Memalukan yang Pernah Dialami Emmanuel Macron

Internasional prancis politik prancis Emmanuel Macron
Patrick Pinaria • 09 Juni 2021 12:49
Valence: Insiden menimpa Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam kunjungan resmi ke wilayah tenggara Prancis pada Selasa, 8 Juni 2021. Ketika itu, ia secara mengejutkan ditampar warga.
 
Peristiwa berawal ketika Macron hendak berjalan ke arah pagar pembatas dalam perjalanan ke Tain-l'Hermitage, di luar kota Valence. Saat berjalan, ia sempat menghampiri kumpulan warga yang berada di pagar pembatas. Namun, Macron secara mengejutkan ditampar salah satu pria yang berbaju hijau saat itu. 
 
Pria itu bergerak cepat meninggalkan lokasi, sementara Macron ditarik petugas keamanan. Namun, setelah itu, Macron kembali ke lokasi ia ditampar dan kembali menyapa warga lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Entah apa yang menjadi motif pelaku. Namun, ia sempat melontarkan teriakan dua kalimat singkat kepada Macron, yakni "hentikan Macronisme" dan "Montjoie, Saint-Denis." Sebuah slogan yang digunakan di era kerajaan Raja Charlemagne di Prancis.
 
Saat ini, pelaku sudah ditangkap aparat. Macron menyebut kejadian tersebut sebagai "peristiwa terisolasi".
 
Kejadian penamparan tersebut bukan satu-satunya insiden memalukan yang pernah dialami Macron. Pria kelahiran Amiens itu ternyata kerap mendapat perlakuan tak mengenakkan. Berikut di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:
 
1. Macron diledek terkena gangguan mental oleh Presiden Turki Erdogan 
 
Macron pernah diledek oleh Presiden Turki Erdogan gara-gara kebijakannya terhadap kelompok Muslim di Prancis pada Oktober 2020. Saat itu, Erdogan menilai Macron membutuhkan "pemeriksaan mental" atas pandangannya terhadap Muslim.
 
Seruan Erdogan mengenai "pemeriksaan mental" terkait dengan pernyataan Macron atas pemenggalan yang dilakukan seorang pengungsi asal Chechnya terhadap guru di Paris. Macron juga pernah menyebut Islam sebagai agama yang "sedang mengalami krisis."
 
"Apa yang bisa dikatakan kepada seorang kepala negara yang memperlakukan jutaan warganya yang berbeda-beda agama seperti ini? Pertama, tolong periksakan kesehatan mentalnya," kata Erdogan dalam sebuah pidato di kota Kayseri.
 
2. Istri Macron dihina Presiden Brasil
 
Penghinaan juga bukan hanya dialami Macron, tetapi juga menimpa istrinya, Brigitte Macron pada 2019. Brigitte ketika itu diejek oleh Presiden Brasil Jail Bolsonaro.
 
Kejadian bermula dari salah satu pendukung Bolsonaro yang mengunggah komentar di Facebook. Komentar itu berisi ejekan terhadap Brigitte, yang juga membandingkannya dengan istri Bolsonaro, Michelle.
 
"Kini kalian mengerti mengapa Macron mempersekusi Bolsonaro?" tulis seorang pemilik akun bernama Rodrigo Andreaca.
 
Menurut akun tersebut, Briggite terlihat sangat tua dan Macron cemburu karena penampilan Michelle lebih menarik daripada Brigitte. Macron murka akibat jawaban dari Bolsonaro yang dianggapnya sangat kasar, yaitu 'Jangan pernah mempermalukan orang itu, haha.' 
 
3. Macron Dilempari Telur
 
Selain ditampar warga, Macron sebelumnya mengalami insiden yang lebih memalukan. Tepat pada 2017, ia dilempari telur di depan umum.
 
Kala itu, Macron masih menjabat sebagai menteri ekonomi. Menurut laporan, pelemparan telur itu dilakukan warga karena kekecewaannya terhadap kebijakan Macron selama menjadi menteri ekonomi.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif