Presiden Tiongkok Xi Jinping. (ATHIT PERAWONGMETHA / POOL / AFP)
Presiden Tiongkok Xi Jinping. (ATHIT PERAWONGMETHA / POOL / AFP)

AS Sebut Xi Jinping Tolak Vaksin Covid-19 Buatan Barat

Willy Haryono • 04 Desember 2022 18:09
California: Presiden Tiongkok Xi Jinping menolak vaksin buatan Barat meski negaranya sedang menghadapi lonjakan kasus harian Covid-19, ucap Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat Avril Haines pada Sabtu, 3 Desember.
 
Meski kasus harian Covid-19 di Tiongkok sudah mendekati rekor tertinggi, beberapa kota di sana sedang mencoba melonggarkan aturan tes dan karantina, setelah kebijakan "Nol Covid" Xi Jinping memicu perlambatan ekonomi dan aksi protes masyarakat.
 
Baca:  Diprotes Habis-habisan, Tiongkok Akhirnya Longgarkan Aturan Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Haines, berbicara di Forum Pertahanan Nasional Reagan di California, mengatakan bahwa meski Tiongkok sedang mengalami masalah sosial dan ekonomi akibat Covid-19, Xi Jinping "menolak menerima vaksin yang lebih baik dari Barat, dan tetap mengandalkan vaksin di Tiongkok yang tidak terlalu efektif dalam menghadapi Omicron."
 
"Gelombang protes (di Tiongkok) dan responsnya saat ini bertentangan dari narasi (Xi Jinping), bahwa Tiongkok lebih efektif dalam menjalankan pemerintahan," sebut Haines, dikutip dari laman voanews, Minggu, 4 Desember 2022.
 
Menurut Haines, situasi di Tiongkok saat ini tidak mengancam stabilitas negara, atau menuju ke arah perubahan rezim.
 
"Tapi bagaimana situasi ini berkembang ke depan akan menjadi hal penting bagi posisi Xi Jinping," sebut Haines.
 
Selama ini, Tiongkok belum menerima vaksin Covid-19 dari negara mana pun dan memilih untuk mengandalkan produk dalam negeri. Padahal, menurut beberapa studi, vaksin buatan Tiongkok tidak terlalu efektif bila dibanding sejumlah vaksin Barat.
 
Sebelumnya, Gedung Putih telah mengatakan bahwa Tiongkok tidak pernah meminta vaksin kepada Amerika Serikat.
 
Seorang pejabat AS mengatakan kepada media lokal bahwa "saat ini tidak ada ekspektasi" bahwa Tiongkok akan menerima vaksin buatan Barat. "Ini adalah masalah kebanggaan nasional," ucapnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif