Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. (Joe Giddens / POOL / AFP)
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss. (Joe Giddens / POOL / AFP)

Menkeu Inggris Dukung Liz Truss untuk Menjadi Perdana Menteri Baru

Willy Haryono • 01 Agustus 2022 11:04
London: Menteri Keuangan Inggris Nadhim Zahawi secara resmi mendukung Menteri Luar Negeri Liz Truss untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif (Tory) sekaligus perdana menteri pengganti Boris Johnson.
 
"Menlu Truss akan mengatasi masalah ekonomi secara ortodoks dan menjalankan perekonomian negara melalui rute Konservatif," ujar Zahawi dalam tulisannya di The Telegraph dan dikutip The Week, Senin, 1 Agustus 2022.
 
Zahawi, yang menjadi Menkeu Inggris menggantikan Rishi Sunak pada awal Juli, tereliminasi di fase-fase awal perlombaan kepemimpinan di Inggris. Ia gagal meraih minimun 30 suara dukungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tom Tugendhat, yang juga tereliminasi di fase awal persaingan menjadi PM Inggris, mengaku cenderung mendukung Truss ketimbang Rishi Sunak. Ia menilai Truss mampu mengatasi masalah perekonomian lewat janjinya dalam memangkas berbagai macam pajak.
 
Tughendat, seorang mantan prajurit Inggris, mengaku telah menentukan pilihan usai menyaksikan acara debat televisi antara Truss dan Sunak. Menurutnya, Truss dapat selalu menegakkan nilai-nilai Inggris, baik di dalam maupun luar negeri.
 
"Dengan kehadiran (Truss) sebagai pemimpin, saya yakin kita semua dapat bergerak maju dalam memastikan negara ini menjadi lebih aman dari sebelumnya," tulis Tughendat di surat kabar The Times.
 
Sebelumnya, Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace juga menyampaikan dukungannya kepada Truss. Ia menyebut politikus perempuan tersebut sebagai sosok "otentik, jujur dan berpengalaman."
 
Dalam perlombaan kepemimpinan di Inggris, Sunak sering kali menjadi tokoh terdepan di kalangan rekan-rekannya, termasuk Truss. Namun sejak kandidatnya hanya tersisa dua, sejumlah survei memperlihatkan bahwa dukungan Tory terhadap Truss cenderung lebih besar ketimbang Sunak.
 
Baca:  Pembawa Acara Pingsan, Debat Televisi Kandidat PM Inggris Dibatalkan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif