Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: AFP

Zelensky: 300 Warga Sipil Dievakuasi dari Pabrik Baja Mariupol

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Volodymyr Zelensky Perang Rusia-Ukraina
Fajar Nugraha • 08 Mei 2022 07:43
Kiev: Semua perempuan, anak-anak dan warga sipil lanjut usia telah dievakuasi dari pabrik baja Azovstal di Mariupol. Hal ini dipastikan oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Sabtu 7 Mei 2022.
 
Namun perwira militer Ukraina menyebutkan serangan Rusia yang sedang berlangsung di pabrik tersebut.
 
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, lebih dari 300 warga sipil telah diselamatkan dari pabrik baja yang terkepung di kota pesisir tenggara Mariupol, dalam apa yang disebutnya fase pertama dari misi evakuasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Persiapan sekarang sedang dilakukan untuk mengeluarkan yang terluka dan dokter dari pabrik,” ujarnya, seperti dikutip dari CNBC.com, Minggu 8 Mei 2022.
 
Di sebelah utara di Luhansk, gubernur regional mengatakan Rusia menjatuhkan bom di sebuah sekolah tempat 90 orang berlindung dari pertempuran. “Sekitar 30 orang telah diselamatkan dari reruntuhan sejauh ini,” kata Gubernur Serhiy Hadai.
 
Sementara  Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk di Telegram menulis: “Bagian dari operasi kemanusiaan Mariupol ini sudah berakhir.”
 
Pabrik baja era Soviet, tempat terakhir di Mariupol bagi pasukan Ukraina, telah muncul sebagai simbol perlawanan terhadap upaya Rusia yang lebih luas untuk merebut petak-petak Ukraina timur dan selatan.
 
Di bawah pengeboman berat, pasukan dan warga sipil telah terperangkap selama berminggu-minggu di bunker dalam dan terowongan yang melintasi situs tersebut.
 
“Pasukan Rusia yang didukung oleh tank dan artileri mencoba lagi pada Sabtu untuk menyerbu Azovstal,” kata komando militer Ukraina.
 
Ini merupakan bagian dari serangan ganas untuk mengusir pasukan terakhir Ukraina di kota pelabuhan strategis di Laut Azov.
 
Mariupol telah ditinggalkan dalam reruntuhan karena pengeboman Rusia selama berminggu-minggu. Beberapa kelompok warga sipil telah meninggalkan kompleks baja yang luas itu selama jeda pertempuran selama seminggu terakhir.
 
Sebelumnya pada Sabtu, kantor berita Rusia Interfax mengutip separatis yang didukung Moskow di wilayah Donetsk Ukraina yang mengatakan bahwa 50 orang lagi telah dievakuasi dari pabrik baja yang terkepung.
 
Namun, belum melihat tanda-tanda kedatangan mereka di pusat penerimaan di wilayah yang dikuasai separatis dekat Mariupol. Separatis mengatakan total 176 warga sipil kini telah dievakuasi dari pabrik.
 
Evakuasi warga sipil dari pabrik Azovstal -,ditengahi oleh PBB dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC),- dimulai akhir pekan lalu. Tapi mereka dihentikan selama seminggu oleh pertempuran baru.
 
Wali Kota Mariupol memperkirakan awal pekan ini bahwa 200 warga sipil terjebak di pabrik itu. Tidak jelas setelah pernyataan wakil perdana menteri pada Sabtu mencakup pria sipil masih berada di kompleks itu.
 
Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan, dalam pidato video larut malam pada Jumat bahwa Ukraina juga bekerja pada upaya diplomatik untuk menyelamatkan pejuang yang dibarikade di dalam pabrik baja. Tidak jelas berapa banyak pejuang yang tersisa di sana.
 
Para pejuang telah bersumpah untuk tidak menyerah. Para pejabat Ukraina khawatir pasukan Rusia ingin memusnahkan mereka pada Senin, saat Moskow memperingati kemenangan Uni Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua.
 
Presiden Vladimir Putin mendeklarasikan kemenangan di Mariupol pada 21 April, memerintahkan pabrik ditutup dan menyerukan pasukan Ukraina di dalam untuk melucuti senjata. Tetapi Rusia kemudian melanjutkan serangannya terhadap pabrik tersebut.
 
Ditanya tentang rencana Rusia untuk menandai peringatan hari Senin di beberapa bagian Ukraina yang dipegangnya, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan pada hari Jumat "Waktunya akan tiba untuk menandai Hari Kemenangan di Mariupol."

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif