Hassan menempuh perjalanan hampir sejauh 1.000 km dari Ukraina ke Slovakia. (FACEBOOK/MINISTERSTVO VNÚTRA SR)
Hassan menempuh perjalanan hampir sejauh 1.000 km dari Ukraina ke Slovakia. (FACEBOOK/MINISTERSTVO VNÚTRA SR)

Bocah Ukraina Berusia 11 Tahun Mengungsi Seorang Diri ke Slovakia

Willy Haryono • 09 Maret 2022 10:55
Zaporizhzhia: Seorang bocah Ukraina berusia 11 tahun dianggap sebagai pahlawan usai mengungsi seorang diri ke Slovakia. Bocah bernama Hassan itu berangkat sendirian dengan membawa sebuah kantung plastik, paspor dan nomor telepon yang dituliskan di tangannya.
 
Menurut keterangan otoritas Slovakia, Hassan menempuh perjalanan hampir 1.000 kilometer dari Zaporizhzhia dengan menggunakan kereta api. Zaporizhzhia adalah tempat berdirinya pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.
 
Pekan kemarin, PLTN tersebut telah dikuasai Rusia usai baku tembak sengit dengan pasukan Ukraina. Meski tidak ada reaktor yang rusak, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengingatkan bahwa serangan semacam itu dapat memicu kerusakan yang lebih besar dari bencana nuklir Chernobyl di tahun 1986.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam sebuah video di Facebook, ibu Hassan mengaku tidak dapat meninggalkan Zaporizhzhia karena harus menemani ibunya yang sakit.
 
"Saya senang mereka telah menyelamatkan nyawa anak saya," kata Yulia Pisetskaya. "Di negara kecil Anda, ada orang-orang berhati mulia. Tolong selamatkan anak-anak Ukraina dan berikan mereka tempat berlindung," sambungnya, dikutip dari CBS News, Selasa, 8 Maret 2022.
 
Saat Hassan menyeberang perbatasan Ukraina dengan selamat, para relawan dan otoritas Slovakia "memberikannya makanan, minuman dan tempat berlindung." Otoritas Slovakia kemudian menggunakan nomor telepon di tangan Hassan untuk menghubungi keluarganya, dan mereka pun akhirnya bertemu.
 
Pisetskaya berterima kasih kepada otoritas Slovakia atas bantuan yang diberikan. "Petugas bea cukai menggandeng tangan anak saya dan membantunya melintasi perbatasan," ucap dia.
 
"Hassan baru berusia 11 tahun, tapi dia sudah memperlihatkan determinasi tinggi dan keberanian yang terkadang tidak dimiliki orang dewasa," kata Menteri Dalam Negeri Slovakia Roman Mikulec via Facebook.
 
"Saya merasa kasihan kepadanya dan anak-anak lain yang harus melarikan diri karena apa yang sedang terjadi saat ini di Ukraina," lanjutnya.
 
Lebih dari 2 juta orang telah melarikan diri dari Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Maret, menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sekitar setengah dari total tersebut adalah anak-anak.
 
Baca:  Lebih dari 2 Juta Orang Telah Mengungsi dari Ukraina
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif