Petugas memberi makan badak di kebun binatang nasional Kuba di Havana, 23 Juni 2022. (YAMIL LAGE / AFP)
Petugas memberi makan badak di kebun binatang nasional Kuba di Havana, 23 Juni 2022. (YAMIL LAGE / AFP)

Inovatif! Kebun Binatang Kuba Bantu Pengunjung Tuli Nikmati Tur Alam Liar

Medcom • 26 September 2022 14:43
Havana: Kehadiran badak, jerapah, singa serta beragam hewan lainnya di kebun binatang nasional Kuba telah lama menjadi daya tarik bagi hampir semua pengunjung. Namun pengunjung yang tuli, pengalaman menikmati kebun binatang tentu tidak akan semaksimal mereka yang pendengarannya normal. 
 
Belakangan, kebun binatang nasional Kuba mencoba mengakomodasi pelanggan yang tuli agar bisa merasakan pengalaman penuh seperti pengunjung lainnya.
 
Awal tahun ini, penerjemah bahasa isyarat mulai menemani kelompok pengunjung tuli di dalam bus dan jalan setapak di kebun binatang nasional Kuba. Penerjemah menemani para pengunjung tuli melintasi dataran tertutup yang dibuat mirip dengan sabana Afrika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ketika saya masih kecil, saya sering mengunjungi taman ini. Kehadiran penerjemah adalah kejutan besar, sekarang saya bisa mengerti segalanya," ujar seperti Tatiana Romero, 35, yang kehilangan pendengarannya sejak dalam kandungan, seperti dikutip dari laman Asia One pada Senin, 26 September 2022. 
 
Tur ini sendiri merupakan salah satu dari beberapa program inovatif yang ditawarkan kebun binatang nasional Kuba untuk penyandang disabilitas. Program-program ini meliputi terapi hewan untuk anak-anak pengidap Down Syndrome, autisme, dan kebutuhan khusus lainnya.
 
"Sebelumnya, sangat sedikit orang (tuli) yang mengunjungi kebun binatang karena mereka hanya bisa melihat binatang. Sekarang lebih banyak lagi dari mereka yang berkunjung," ujar Yoandra Oliva López, juru bahasa dan pendidik di kebun binatang nasional Kuba. 
 
Sementara itu, pendidik lingkungan kebun binatang, yang dilatih dalam program tiga bulan untuk belajar bahasa isyarat, saat ini sedang berkoordinasi dengan pemerintah kota setempat untuk memfasilitasi tur bagi para penyandang disabilitas. Tidak hanya itu, pejabat kebun binatang juga mengatakan bahwa mereka sedang berusaha menghadirkan tur serupa untuk anak-anak tunarungu.
 
Saat bus kebun binatang nasional Kuba melintas di sekitar sabana tiruan, penerjemah akan menggunakan bahasa isyarat untuk menjelaskan kepada sembilan peserta dalam tur pada awal pekan ini. Penerjemah akan menjelaskan tentang 13 spesies hewan di kebun binatang, termasuk dan kebiasaan makan mereka.
 
"Sungguh luar biasa untuk dapat melihat kepuasan mereka dalam menerima semua informasi. Setiap tur berpemandu yang saya berikan kepada mereka adalah pengalaman yang luar biasa," kata Oliva López.
 
Kebun Binatang Nasional Kuba selama ini menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi orang Kuba. Kebun binatang itu memiliki koleksi 1.473 spesimen dan lebih dari 120 spesies hewan. (Gabriella Carissa Maharani Prahyta)
 
Baca:  Ngeri! Seorang Warga Diterkam Buaya di Kebun Binatang Sinka Singkawang
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif