Warga Prancis menggunakan hak suara mereka di salah satu TPS di Le Touquet, 24 April 2022. (Ludovic MARIN / AFP)
Warga Prancis menggunakan hak suara mereka di salah satu TPS di Le Touquet, 24 April 2022. (Ludovic MARIN / AFP)

Pemilu Prancis Putaran Kedua Resmi Dimulai, Macron Masih Menjadi Favorit

Internasional prancis pemilu prancis politik prancis Emmanuel Macron Marine Le Pen
Willy Haryono • 24 April 2022 15:28
Paris: Pemilihan umum presiden Prancis putaran kedua resmi dimulai pada Minggu pagi waktu setempat, 24 April 2022. Presiden petahana Emmanuel Macron masih difavoritkan untuk menang, namun perjalanannya menuju periode kedua ditentukan apakah dirinya bisa menang dengan meyakinkan atau tidak.
 
Baik Macron maupun rivalnya, Marine Le Pen, harus dapat meyakinkan 50 persen pemilih yang tidak memilih mereka di putaran pertama untuk memberikan dukungan. Suara 50 persen ini dinilai sangat menentukan.
 
Dikutip dari Guardian, tingkat partisipasi warga serta jumlah mereka yang memberikan surat suara kosong dapat memengaruhi pemilu Prancis kali ini. Macron dan para pendukungnya berulang kali mengatakan bahwa kemenangan dalam pemilu kali ini belum dapat dipastikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan perdana menteri Edouard Philippe, Wali Kota Le Havre, menjadi salah satu yang pertama menggunakan hak suaranya pagi ini. Sementara Macron dijadwalkan menggunakan hak suaranya di Le Touquet, kota tempat ia dan istrinya memiliki sebuah rumah.
 
Le Pen dikabarkan hendak menggunakan hak suaranya di Henin-Beaumont, di jantung markas besarnya di Prancis utara. Anne Hidalgo, Wali Kota Paris yang ikut menjadi capres, telah menggunakan hak suaranya sekitar 45 menit usai tempat pemungutan suara (TPS) dibuka.
 
Valerie Pecresse, capres dari Les Repubicains, menggunakan hak suara tak lama setelah Hidalgo.
 
TPS akan ditutup pada pukul 19.00 waktu setempat di sebagian besar daratan utama Prancis, dan pukul 20.00 untuk kota-kota besar. Estimasi hasil pemilu berdasarkan penghitungan suara dari beberapa TPS spesifik akan diumumkan pukul 20.00 waktu Prancis.
 
Walau hanya estimasi, biasanya penghitungan tersebut bisa dijadikan indikasi mengenai pemenang pemilu, kecuali jika angka kedua kandidat terlalu berdekatan.
 
Baca:  Momen Emmanuel Macron dan Istri Jalan-jalan di Pantai Jelang Pilpres Prancis
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif