PM Kanada Justin Trudeau disuntik vaksin AstraZeneca di sebuah farmasi di Ottawa pada Jumat, 23 April 2021. (Twitter/@JustinTrudeau)
PM Kanada Justin Trudeau disuntik vaksin AstraZeneca di sebuah farmasi di Ottawa pada Jumat, 23 April 2021. (Twitter/@JustinTrudeau)

PM Kanada Justin Trudeau dan Istrinya Disuntik Vaksin AstraZeneca

Internasional kanada Justin Trudeau vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 AstraZeneca Vaksin untuk Indonesia
Willy Haryono • 24 April 2021 12:07
Ottawa: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan istrinya, Sophie, menerima suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca di depan sorot kamera pada Jumat, 23 April. Langkah ini diambil Trudeau sebagai upaya meyakinkan masyarakat Kanada atas keamanan vaksin AstraZeneca.
 
Selama ini, sejumlah negara khawatir terhadap vaksin AstraZeneca karena dapat memicu pembekuan darah berbahaya meski efek samping tersebut sangat jarang terjadi.
 
Baca:  32 Orang di Inggris Tewas Akibat Pembekuan Darah Usai Divaksin AstraZeneca

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Trudeau tiba di sebuah farmasi di Ottawa bersama istrinya pada Jumat kemarin. Ia duduk, menyingsingkan lengan baju, dan meminta petugas kesehatan untuk menyuntikkan vaksin AstraZeneca.
 
Total 10 provinsi di Kanada bertanggung jawab atas penyaluran vaksin AstraZeneca yang telah dibeli pemerintah federal. Sebagian besar pemerintah provinsi merekomendasikan vaksin AstraZeneca untuk warga berusia 40 hingga 45 tahun.
 
Namun berdasarkan keterangan dewan penasihat kesehatan pemerintah kanada, warga berusia 30 tahun juga dapat menerima vaksin AstraZeneca.
 
"Saat Ontario mengundang warga berusia 40 tahun ke atas untuk menerima vaksin AstraZeneca, kini giliran kami untuk disuntik," kata Trudeau dalam sebuah konferensi pers sebelum dirinya bertolak ke farmasi Ottawa, dilansir dari laman Gulf Today pada Sabtu, 24 April 2021.
 
Sophie pernah terinfeksi Covid-19 pada Maret 2020, memaksa Trudeau mengisolasi diri di kediamannya di Ottawa. "Gestur sederhana seperti ini dapat melindungi diri sendiri dan melindungi orang-orang di sekitar kita," sebut Trudeau usai divaksinasi.
 
"Jadi, jika memang sudah gilirannya, saya meminta Anda semua untuk segera divaksinasi," lanjut dia.
 
Dalam sebuah tulisan di Twitter pada Kamis kemarin, Trudeau mengatakan bahwa "vaksin terbaik untuk Anda adalah vaksin pertama yang ditawarkan kepada Anda."
 
Saat ini sekitar 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca sudah disuntikkan ke warga Kanada. Vaksin AstraZeneca adalah satu dari empat produk yang disetujui penggunaannya di negara tersebut.
 
Hanya ada empat kasus pembekuan darah terkait vaksin AstraZeneca di Kanada. Otoritas kesehatan Kanada mengatakan, keempat orang tersebut kini sudah sembuh.

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif