Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kiri), bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) di Kiev, Ukraina./AFP
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau (kiri), bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky (kanan) di Kiev, Ukraina./AFP

PM Kanada Umumkan Pemberian Senjata Baru ke Ukraina

Internasional ukraina rusia kanada Justin Trudeau Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina Rusia vs Ukraina
Marcheilla Ariesta • 09 Mei 2022 07:56
Kiev: Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan, Presiden Rusia Vladimir Putin bertanggung jawab atas 'kejahatan perang'. Ia menyampaikannya saat melakukan kunjungan dadakan ke Kiev, Ukraina
 
Dalam kunjungan tersebut, Trudeau mengumumkan senjata baru untuk Kiev dan menjatuhkan sanksi baru terhadap Rusia
 
"Jelas bahwa Vladimir Putin bertanggung jawab atas kejahatan perang yang keji," kata Trudeau pada hari Minggu pada konferensi pers di Kiev dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dilansir dari Al Jazeera, Senin, 9 Mei 2022. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan, harus ada pertanggungjawaban terkait invasi di Ukraina. Trudeau mengatakan, telah menyaksikan secara langsung kebrutalan perang ilegal Rusia. 
 
"Hari ini, saya mengumumkan lebih banyak bantuan militer, kamera drone, citra satelit, senjata ringan, amunisi, dan dukungan lainnya, termasuk pendanaan untuk operasi ranjau,"ucap Trudeau. 
 
Baca juga: WHO Kumpulkan Bukti untuk Penyelidikan Kejahatan Perang Terhadap Rusia
 
"Dan kami mengajukan sanksi baru terhadap 40 individu Rusia dan lima entitas, oligarki dan rekan dekat rezim di sektor pertahanan, semuanya terlibat dalam perang Putin," sambungnya. 
 
Kanada juga bergabung dengan G7 untuk memberikan paket sanksi baru ke Rusia. Ia berjanji untuk mengurangi ketergantungannya pada energi Rusia, termasuk impor minyak. 
 
Kanada juga akan memberikan USD25 juta untuk Program Pangan Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebagai bagian dari upaya untuk menegakkan keamanan pangan dan menghapus tarif perdagangan untuk semua impor Ukraina ke Kanada untuk tahun depan. 
 
Trudeau mengunjungi kota Irpin di luar Kiev, titik fokus pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan Rusia sebelum Rusia mundur pada akhir Maret. 
 
Dalam kunjungan itu, Trudeau juga mengatakan  Kanada membuka kembali kedutaannya di ibu kota Ukraina.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif