Kondisi di sebuah penjara di Cali, Kolombia, 31 Maret 2022. (Paola MAFLA / AFP)
Kondisi di sebuah penjara di Cali, Kolombia, 31 Maret 2022. (Paola MAFLA / AFP)

51 Narapidana Tewas dalam Kerusuhan dan Kebakaran Penjara di Kolombia

Willy Haryono • 28 Juni 2022 22:38
Tulua: Setidaknya 51 narapidana tewas dan puluhan lainnya terluka dalam kebakaran yang terjadi di tengah kerusuhan di sebuah penjara di Kolombia pada Selasa, 28 Juni 2022. Tragedi terjadi saat para narapidana menyulut api untuk mencegah masuknya polisi ke area penjara di kota Tulua.
 
"Terjadi kerusuhan di paviliun nomor delapan di penjara Tulua yang menampung 1.267 narapidana. Kerusuhan tersebut telah menewaskan 49 orang," kata Direktur Institut Lembaga Pemasyarakatan dan Penjara Kolombia (INPEC) Tito Castellanos, dikutip dari AFP.
 
Ia mengatakan sekitar 30 orang "terluka dan terkena dampak dari kebakaran serta kepulan asap tebal" di area penjara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Castellanos mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki apakah aksi membakar tempat tidur di dalam penjara merupakan bagian dari "upaya melarikan diri," atau apakah kerusuhan tersebut sengaja diprovokasi "untuk menutupi situasi tertentu."
 
Tidak disebutkan apakah ada narapidana yang melarikan diri dalam kerusuhan tersebut.
 
Sebelumnya, juru bicara INPEC mengatakan kepada AFP bahwa jumlah korban tewas "mungkin akan berubah." Sebuah laporan dari Caracol Radio menyebutkan adanya lebih dari 40 korban luka dalam kerusuhan di penjara Tulua.
 
Saat kerusuhan terjadi, para sipir bertindak cepat dalam upaya memadamkan api dan menyelamatkan para narapidana. Castellanos mengatakan bahwa tanpa adanya intervensi petugas, maka "hasil dari kerusuhan itu bisa menjadi lebih parah lagi."
 
Presiden Kolombia Ivan Duque menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga korban tewas. "Kami menyesalkan peristiwa yang terjadi di penjara Tulua, Valle del Cauca," tulis Duque di Twitter.
 
"Saya telah memberikan instruksi untuk mengklarifikasi situasi buruk ini. Belasungkawa mendalam saya sampaikan kepada keluarga korban," lanjutnya.
 
Kerusuhan penjara berujung fatal sering terjadi di Amerika Latin. Di Ekuador, tetangga Kolombia, hampir 400 narapidana tewas dalam enam kerusuhan sejak awal 2021.
 
Sistem penjara Kolombia memiliki kapasitas 97.000 narapidana. Namun menurut INPEC, penjara di Kolombia sudah kelebihan 16 ribu narapidana dari kapasitas maksimal.
 
Baca:  Tragis! 43 Napi Meninggal, 108 Kabur Dalam Kerusuhan di Penjara Ekuador
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif