KJRI menggelar program pemberian vaksin Covid-19 gratis dari tanggal 9 hingga 30 Oktober 2021. (KJRI Chicago)
KJRI menggelar program pemberian vaksin Covid-19 gratis dari tanggal 9 hingga 30 Oktober 2021. (KJRI Chicago)

KJRI Chicago Lindungi WNI Melalui Pemberian Vaksin Covid-19 Gratis

Internasional Amerika Serikat indonesia-as perlindungan wni vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 KJRI Chicago
Willy Haryono • 10 Oktober 2021 08:51
Chicago: Dalam upaya melindungi warga negara Indonesia di luar negeri dari ancaman Covid-19, KJRI Chicago bekerja sama dengan Illinois Department of Public Health (IDPH) menyelenggarakan pemberian vaksinasi gratis. Vaksin diberikan kepada para WNI yang berada di Chicago mulai tanggal 9 hingga 30 Oktober mendatang.
 
Berdasarkan keterangan tertulis KJRI Chicago pada Sabtu, 9 Oktober 2021, IDPH menyediakan 50 dosis Pfizer BioNTech sebagai vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).
 
Vaksinasi gratis oleh KJRI Chicago ini dilakukan di tengah masih tingginya angka penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Midwest. Hingga saat ini juga masih ada sejumlah WNI di wilayah kerja KJRI Chicago yang sama sekali belum menerima vaksin Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kegiatan vaksinasi gratis ditujukan kepada komunitas Indonesia yang ada di wilayah kerja KJRI Chicago, termasuk kepada para staf konsulat, anggota Permias Indonesia dan komunitas Indonesia lain yang ada di Chicago, termasuk para pekerja undocumented serta diaspora.
 
Selain itu, kesempatan vaksinasi gratis di KJRI Chicago juga dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan vaksin booster (dosis III) bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun, memiliki komorbid, srta memiliki masalah dengan daya tahan tubuh (immune compromised). 
 
Dalam kegiatan ini, KJRI Chicago juga memberikan paket obat-obatan dan vitamin kepada para peserta vaksinasi guna meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi gejala efek samping.
 
Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir, menjelaskan bahwa kegiatan pemberian vaksinasi secara gratis ini merupakan upaya negara untuk hadir melindungi warga masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya guna mengurangi jumlah WNI di luar negeri yang terpapar dan meninggal dunia akibat Covid-19.
 
Lebih lanjut, Meri menegaskan bahwa selain penerapan protokol kesehatan secara ketat yang meliputi penggunaan masker dan pembatasan sosial, pemberian vaksinasi diyakini menjadi upaya paling efektif dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. 
 
Kegiatan pemberian vaksin Covid-19 gratis yang dilakukan KJRI Chicago sejalan dengan program peningkatan vaksinasi yang dicanangkan Pemerintah Federal AS dan Pemerintah setempat di Chicago. Sejauh ini, tingkat warga yang telah mendapatkan vaksin di Chicago telah mencapai 73 persen, dan Pemerintah kota Chicago mencanangkan sebanyak 77 persen warga sudah akan divaksinasi Covid-19 secara lengkap pada akhir 2021.
 
Perwakilan IDPH, Jeff Billings, yang melakukan pendampingan saat kegiatan vaksinasi gratis, menyampaikan apresiasi atas upaya KJRI Chicao yang telah melakukan reach out kepada IDPH guna pemberian vaksin Covid-19 bagi anggota komunitas Indonesia di Chicago. Upaya ini mendapatkan apresiasi karena tidak banyak Konsulat asing di Chicago yang melakukan upaya serupa.
 
Saat ini terdapat sekitar 800 WNI yang ada di wilayah Chicago Raya dan sekitarnya.
 
Baca:  KJRI Chicago Manfaatkan Turnamen Golf untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif