Presiden AS Donald Trump janjikan transfer kekuasaan teratur dengan Joe Bide. Foto: AFP
Presiden AS Donald Trump janjikan transfer kekuasaan teratur dengan Joe Bide. Foto: AFP

Kongres Sahkan Kemenangan Biden, Trump Janjikan Transfer Kekuasaan

Internasional joe biden donald trump Pilpres AS 2020 Pendukung Trump Rusuh
Fajar Nugraha • 07 Januari 2021 16:34
Washington: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump tampak mulai luluh dengan kemenangan Joe Biden dalam pemilu presiden, khususnya setelah Kongres mengesahkan kemenangan Biden. Trump pun menjanjikan transfer kekuasaan teratur.
 
Baca: Kongres AS Resmi Sahkan Kemenangan Joe Biden.
 
Penegasan resmi dari kemenangan Electoral College Presiden terpilih Joe Biden oleh Kongres AS seharusnya membuka mata Presiden Trump.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun saya sama sekali tidak setuju dengan hasil pemilu, dan fakta menunjukkan (mendukung) kepada saya, namun akan ada transisi yang tertib pada 20 Januari," kata Trump dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNN, Kamis 7 Januari 2021.
 
"Saya selalu mengatakan kami akan melanjutkan perjuangan kami untuk memastikan bahwa hanya suara sah yang dihitung. Meskipun ini merupakan akhir dari masa jabatan pertama terbesar dalam sejarah kepresidenan, ini hanyalah awal dari perjuangan kami untuk Membuat Amerika Hebat Lagi," tegas Trump.
 
Tetapi Trump mengulangi klaim palsu tentang pemilu yang menghasut massa untuk menyerbu Gedung Capitol.
 
Senat dan DPR menolak keberatan untuk membatalkan suara elektoral di Negara Bagian Georgia dan Pennsylvania untuk Biden. Partai Republik juga keberatan dengan suara elektoral Arizona, Nevada dan Michigan, tetapi mosi itu gagal sebelum mencapai perdebatan.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif