KBRI Budapest memberikan bantuan logistik kepada WNI yang berada di Hongaria. Foto: Dok.KBRI Budapest
KBRI Budapest memberikan bantuan logistik kepada WNI yang berada di Hongaria. Foto: Dok.KBRI Budapest

WNI di Hongaria Terima Bantuan Logistik Hadapi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona
Fajar Nugraha • 15 Mei 2020 08:05
Budapest: Eropa sama seperti halnya dengan Indonesia berkutat dengan wabah virus korona (covid-19). Hal ini juga dialami oleh Hongaria yang tentunya juga mencatat keberadaan warga negara Indonesia (WNI).
 
Karena itu, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Budapest, Hongaria menyalurkan bantuan kepada WNI yang berada di negara itu.
 
“Kami tidak merasa sendirian dan ditinggalkan”, begitu ungkapan keharuan para warga negara Indonesia di Hongaria yang menerima bantuan logistik dari KBRI Budapest.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KBRI Budapest selama hampir 2,5 bulan ini telah memberikan bantuan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI), para pelajar dan mahasiswa serta para pensiunan yang telah berusia lanjut yang benar-benar membutuhkannya.
 
“Sebelum Hongaria melakukan Lockdown parsial dan jam malam pada 17 Maret lalu, kami telah berusaha mengantipasi berbagai kemungkinan kesulitan yang akan menimpa para WNI,” penyataan Dubes RI untuk Hongaria Dimas Wahab, dalam keterangan tertulis KBRI Budapest, yang diterima Medcom.id, Jumat, 15 Mei 2020.
 
“Kebijakan awal KBRI Budapest dengan adanya wabah virus corona covid-19 ini dengan menyediakan APD (alat pelindung diri) berupa masker, hand sanitizer dan sarung tangan serta multi-vitamin untuk diberikan kepada WNI yang memerlukannya. Tidak dipungkiri pada masa awal pandemik ini, APD tersebut sulit didapatkan di Hongaria,” pungkas Dubes Dimas.
 
KBRI Budapest juga menjembatani kepulangan lebih dari 100 pekerja migran Indonesia dan para pelajar serta mahasiswa sebelum Pemerintah Hongaria memberlakukan Lockdown.
 
Selain itu KBRI Budapest melalui berbagai media sosial berusaha menjangkau para WNI dengan memberikan informasi terkini mengenai kebijakan Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Hongaria. Setiap saat KBRI Budapest selalu melakukan update informasi terbaru di berbagai media sosial tersebut.
 

Bahkan pada 7 Mei 2020, KBRI Budapest melakukan Video Conference terbuka dengan WNI di Hongaria mengenai isu-isu kekonsuleran, keimigrasian dan kewarganegaraan serta hal-hal terkait wabah virus corona dengan mengundang Atase Imigrasi KBRI Berlin Dudi Iskandar. Acara yang berlangsung sukses tersebut ternyata diikuti pula oleh peserta dari Indoneia dan para mahasiwa dari Akademi Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta.
 
Tak ketinggalan pula Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest turut menyumbangkan bantuan logistiknya bersama-sama KBRI Budapest kepada para WNI yang tidak hanya yang berada di Budapest akan tetapi juga ke daerah-daerah pelosok wilayah Hongaria.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins, Jumat 15 Mei 2020 jumlah kasus positif covid-19 di dunia sudah mencapai 4.434.590 orang. Sedangkan korban meninggal mencapai 301.937 jiwa dan yang sembuh berada di angka 1.585.286.
 
Adapun kasus positif covid-19 di Hongaria berada di angka 3.380 dan diserta9 1.169 orag.
 

 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif