PM Yunani, Kyriakos Mitsotakis. Foto: AFP.
PM Yunani, Kyriakos Mitsotakis. Foto: AFP.

PM Yunani Ajak Turki Berdialog untuk Redakan Ketegangan

Internasional yunani
Marcheilla Ariesta • 26 September 2020 17:06
Athena: Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis mengajak Turki untuk menemukan solusi diplomatik atas ketegangan di Mediterania timur. Karenanya, ia mengajak Turki berdialog.
 
Di Sidang Majelis Umum PBB yang digelar virtual, ia menuding Turki melakukan agresi dengan pencarian sumber daya energi di perairan yang menjadi sengketa baru-baru ini. Namun, Mitsotakis mengatakan ia berharap agar kemitraan kedua negara bisa dibangun kembali.
 
"Saya tetap optimis. Karenanya, mari bertemu, mari kita bicara dan mari mencari solusi yang dapat diterima bersama. Mari beri kesempatan pada diplomasi," ucapnya kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dilansir dari Al Jazeera, Sabtu, 26 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika bagaimanapun kita masih belum bisa setuju, maka kita harus mempercayai kebijakan Pengadilan Internasional di Den Haag," tuturnya.
 
Perselisihan Yunani-Turki kembali memanas setelah Ankara menempatkan kapal eksplorasi Oruc Reis dan armada kapal perang, di perairan dekat pulau Kastellorizo, Yunani, bulan lalu.
 
Turki mengklaim memiliki hak yang sama atas sumber daya di perairan itu. Yunani juga melontarkan klaim serupa.
 
Athena menanggapi Ankara dengan cara membayang-bayangi armada militer Turki. Mereka juga melakukan latihan angkatan laut dengan beberapa sekutu Yunani di Uni Eropa.
 
UE berulang kali mendesak Turki menghentikan kegiatan eksplorasi. Mereka mengancam akan memberikan sanksi kepada Ankara jika menolak menyelesaikan perselisihan dengan dialog.
 
Prancis mendukung Yunani dengan mengirimkan kapal perang dan jet tempur ke wilayah tersebut. Karena aksi mereka itu, Turki menuding Prancis bertindak seperti pengganggu.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif