Perdana Menteri Inggris Liz Truss beri penghormatan kepada Ratu Elizabeth. Foto: Guardian
Perdana Menteri Inggris Liz Truss beri penghormatan kepada Ratu Elizabeth. Foto: Guardian

PM Inggris Beri Penghormatan ke Ratu Elizabeth, Dukung Raja Charles III

Fajar Nugraha • 09 September 2022 03:32
London: Perdana Menteri Inggris Liz Truss memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth setelah kematiannya pada usia 96. Truss juga meminta warga untuk memberikan dukungan kepada Raja baru Inggris, Charles.
 
Kematian Ratu dilaporkan hanya dua hari setelah dia mengundang PM Truss untuk membentuk pemerintahan.
 
Berbicara di luar Downing Street, Liz Truss, perdana menterinya yang ke-15, mengatakan bahwa dia telah menjadi 'inspirasi pribadi' dengan rasa kewajibannya sebagai 'contoh bagi kita semua'.
 
Baca: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia dalam Usia 96 Tahun.

Mengenakan pakaian hitam, dia mengatakan berita itu adalah 'kejutan besar bagi bangsa dan dunia'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Merupakan pencapaian luar biasa untuk memimpin dengan martabat dan rahmat seperti itu selama 70 tahun. Pelayanannya melampaui sebagian besar kenangan hidup kita,” sebut PM Truss, seperti dikutip dari BBC, Jumat 1 September 2022.
 
“Sebagai imbalannya dia dicintai dan dikagumi oleh orang-orang di Inggris dan di seluruh dunia. Awal minggu ini di usia 96, dia tetap bertekad untuk menjalankan tugasnya saat dia menunjuk saya sebagai Perdana Menteri ke-15," ungkapnya.
 
'Sepanjang hidupnya dia telah mengunjungi lebih dari 100 negara dan dia telah menyentuh kehidupan jutaan orang di seluruh dunia.
 
“Di hari-hari yang sulit di masa depan, kami akan berkumpul dengan teman-teman kami di seluruh Inggris, Persemakmuran, dan dunia untuk merayakan masa pengabdiannya yang luar biasa. Ini adalah hari kehilangan besar tetapi Ratu Elizabeth II meninggalkan warisan besar,” imbuh Truss.
 
Dengan Raja Charles sekarang naik takhta, Truss berkata: 'Hari ini Mahkota menyerahkan, seperti yang telah dilakukan selama lebih dari seribu tahun, kepada raja baru kita, kepala negara baru kita, Yang Mulia Raja Charles III.
 
“Kami menawarkan kepadanya kesetiaan dan pengabdian kami, sama seperti ibunya yang mengabdikan begitu banyak, untuk begitu banyak, untuk waktu yang lama,” tegas Truss mendukung Charles.
 
Perdana Menteri Inggris diberitahu tentang kematian Ratu pada 16:30. Diadiberitahu berita itu oleh Sekretaris Kabinet Simon Case.
 
Menyusul pernyataannya di Downing Street, Truss berbicara dengan Raja Charles III dan dia juga diharapkan untuk memimpin pertemuan para menteri pada jam 9.00 malam.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif