Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: AFP
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: AFP

Zelensky Klaim Berhasil Tembak Jatuh 89 Drone Iran

Fajar Nugraha • 03 Januari 2023 08:23
Kyiv: Ukraina menembak jatuh 89 drone "kamikaze" buatan Iran. Drone yang juga dikenal sebagai Shahed-136, menurut Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ditembakan dalam dua hari.
 
"Hanya dua hari telah berlalu sejak awal tahun, dan jumlah drone Iran yang ditembak jatuh di atas Ukraina sudah lebih dari 80," kata Zelensky dalam pidato kepresidenan Senin, seperti dikutip Newsweek, Selasa 3 Januari 2023.
 
"Jumlah ini mungkin bertambah dalam waktu dekat. Karena minggu-minggu ini malam bisa sangat gelisah,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penggunaan drone buatan Iran oleh Rusia -,yang berjumlah ratusan,- menunjukkan bahwa negara tersebut telah menggunakan bantuan eksternal karena berjuang untuk mencapai kemajuan dalam perang di Ukraina. Rusia dilaporkan berencana untuk mendirikan pabrik drone baru di dalam perbatasannya untuk memproduksi senjata menggunakan desain Iran.
 
“Pada Sabtu, pasukan Ukraina menembak jatuh 45 drone yang ditembakkan oleh Rusia,” kata Kementerian Pertahanan Ukraina.
 
"Alih-alih kembang api Tahun Baru. Rusia meluncurkan 45 drone kamikaze buatan Iran di Ukraina sepanjang Malam Tahun Baru. Semuanya 45 ditembak jatuh. Teroris kremlin tidak dapat menggoyahkan tekad Ukraina. 2023 adalah tahun kemenangan baru," kata Kementerian Pertahanan Ukraina pada Minggu.
 
Kemudian pada Senin, kementerian merilis pembaruan yang mengatakan bahwa 44 drone lainnya ditembak jatuh oleh pasukan Ukraina. Dalam pembaruan tersebut, kementerian juga menyimpulkan kerugian Rusia sejak perang dimulai pada 24 Februari. Kerugian Rusia itu termasuk sekitar 108.000 tentara yang tewas, lebih dari 2.000 artileri, dan 1.880 drone yang ditembak jatuh Ukraina.
 
Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan Senin bahwa "hingga 10 unit peralatan militer musuh dari berbagai jenis" dihancurkan di kota Makiivka di wilayah timur Donetsk.
 
Ukraina menangkis 27 serangan udara yang diluncurkan Rusia pada Senin, menembak jatuh drone Shahed-136 yang menargetkan infrastruktur sipil. "Ancaman serangan udara dan rudal lebih lanjut tetap ada di seluruh wilayah Ukraina," tambah militer.
 
Militer Ukraina juga mengatakan sebelumnya bahwa sekitar 400 tentara Rusia tewas dan 300 lainnya terluka dalam serangan yang diluncurkan pada Minggu tengah malam di sebuah sekolah kejuruan di Makiivka yang memiliki wajib militer Rusia.
 
Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin mengatakan bahwa 63 prajurit Rusia tewas dalam serangan itu. Newsweek tidak dapat memverifikasi secara independen jumlah prajurit Rusia yang terbunuh yang dibebaskan oleh Ukraina dan Rusia.
 
Zelensky memperingatkan pada hari Senin bahwa Rusia sedang merencanakan "serangan berkepanjangan dengan Shaheds (drone).”
 
“Taruhannya mungkin pada kelelahan. Pada kelelahan rakyat kita, pertahanan udara kita, sektor energi kita. Tapi kita harus memastikan -,dan kita akan melakukan segalanya untuk ini,- bahwa tujuan teroris ini gagal seperti yang lainnya,” tegas Zelensky.
 
Dia juga mendesak pasukan Ukraina untuk tetap waspada terhadap serangan udara yang diluncurkan oleh Rusia.
 
"Sekarang saatnya semua orang yang terlibat dalam perlindungan langit harus sangat perhatian," ucap Presiden Ukraina itu.
 
"Rezim Rusia perlu memobilisasi emosi. Sesuatu yang ingin mereka tunjukkan kepada negara mereka untuk terus berbohong bahwa semuanya berjalan 'sesuai rencana’,” imbuhnya.
 
Dia melanjutkan: "Dan tugas kami adalah untuk memberikan Ukraina setiap hari keberhasilan, prestasi, bahkan kemenangan kecil namun atas teroris dan teror. Setiap menembak jatuh drone, setiap menembak jatuh rudal, setiap hari dengan listrik untuk orang-orang kami dan jadwal pemadaman minimal persis seperti itu. kemenangan."
 
Dalam pidatonya, Zelensky juga menyerukan peningkatan "harga mobilisasi baru dan perang secara umum".
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif