Ilustrasi penjara. (AFP)
Ilustrasi penjara. (AFP)

11 Orang Tewas 20 Terluka dalam Kerusuhan di Penjara Meksiko

Willy Haryono • 13 Agustus 2022 15:04
Ciudad Juarez: Setidaknya 11 orang tewas dan 20 lainnya terluka dalam kerusuhan di sebuah penjara di kota Ciudad Juarez, Meksiko pada Jumat, 12 Agustus. Kerusuhan di wilayah yang berbatasan dengan Amerika Serikat (AS) itu sempat meluas hingga ke jalanan.
 
"Perkelahian terjadi di dalam pusat detensi yang membuat 20 narapidana terluka, empat di antaranya mengalami luka tembak, sementara sisanya memar akibat pukulan," ujar Wakil Sekretaris Keamanan Publik Meksiko Ricardo Mejia Berdeja.
 
"Ada dua narapidana yang tewas akibat luka tembak," sambungnya, dikutip dari laman Mehr News Agency, Sabtu, 13 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Mejia, situasi di dalam penjara berhasil dipulihkan beberapa jam usai kejadian. Namun geng Meshikles, yang terlibat dalam perkelahian di dalam penjara, kembali memulai keributan dan menyerang sejumlah warga sipil di jalanan kota Ciudad Juarez.
 
"Alhasil, sembilan orang tewas selain dua narapidana sebelumnya di dalam penjara. Dari sembilan korban tewas, empat di antaranya adalah karyawan Mega Radio, seorang pembaca acara, dan tiga teknisi," sebut Mejia.
 
Jumat malam kemarin, enam anggota geng Meshikles yang terlibat dalam beberapa serangan di kota Ciudad Juarez telah ditangkap petugas keamanan.
 
Berdasarkan ekterangan Kementerian Keamanan Meksiko, situasi di dalam kota Ciudad Juarez telah kembali kondusif.
 
Hingga saat ini otoritas Meksiko belum menyebutkan penyebab terjadinya kerusuhan di penjara Ciudad Juarez, termasuk kemungkinan adanya rivalitas antar geng kriminal atau perseteruan individu di kalangan narapidana.
 
Baca:  13 Narapidana Tewas dalam Kerusuhan di Penjara Ekuador
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif