Pelayanan warung konsuler KJRI San Francisco di Oregon. (Kemenlu RI)
Pelayanan warung konsuler KJRI San Francisco di Oregon. (Kemenlu RI)

Ratusan WNI di AS Antusias Datangi Warung Konsuler KJRI San Francisco

Willy Haryono • 08 Maret 2022 06:43
San Francisco: Ratusan warga negara Indonesia (WNI) di negara bagian Washington State dan Oregon dan sekitarnya mendatangi layanan Warung Konsuler yang diselenggarakan KJRI San Francisco di Kota Seattle dan Salem, Amerika Serikat, pada tanggal 3-6 Maret lalu.
 
Program "jemput bola" tersebut bertujuan menjangkau WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan RI maupun karena keterbatasan waktunya selama ini. Layanan konsuler yang diberikan seperti paspor, keterangan lahir, keterangan pernikahan, legalisasi, konsultasi visa dan lain sebagainya.
 
"Melihat antusiasme warga Indonesia yang daftar, dari awal kami menekankan perlunya persiapan matang agar memudahkan masyarakat kita mengakses pelayanan konsuler semaksimal mungkin dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ujar Prasetyo Hadi, Konjen RI San Francisco, dalam keterangan tertulis di situs Kementerian Luar Negeri, Senin, 7 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total tercatat lebih dari 260 WNI di AS datang ke Warung Konsuler, dan sekitar 273 dokumen, baik paspor, surat keterangan dan legalisasi, diproses oleh KJRI San Francisco. Sejak awal pendaftaran, KJRI San Francisco telah menetapkan jadwal kedatangan berbeda bagi setiap peserta guna membatasi konsentrasi kumpul massa yang besar.
 
Dari peserta yang hadir itu, terdapat warga termuda yakni bayi berusia 4 minggu yang diantar orang tuanya untuk mendapatkan layanan pembuatan paspor.
 
Mengoptimalkan antusiasme dan kehadiran warga, KJRI San Francisco??? juga melakukan diseminasi informasi dan sosialisasi konsuler tentang peraturan baru nasional, termasuk aturan masuk Indonesia yang terbaru bagi para pelaku perjalanan internasional WNI dan WNA, dan portal peduli WNI yang dikembangkan Kemenlu RI.
 
Untuk menambah hangat suasana, peserta Warung Konsuler juga terlihat menikmati pemutaran film Indonesia di ruang tunggu yang dipersiapkan oleh KJRI sekedar untuk mengobati kerinduan mereka pada tanah air. Selama menunggu layanan, mereka juga diberikan hidangan makanan ringan dan minuman.
 
Konjen Prasetyo mengemukakan bahwa program pelayanan publik seperti ini akan terus dilakukan dan diperluas di wilayah lainnya. Evaluasi guna meningkatkan proses pelaksanaan Warung Konsuler juga dilakukan.
 
Warung Konsuler selaras dengan komitmen pelayanan dan pelindungan warga oleh Pemerintah RI saat ini untuk membantu, memfasilitasi dan menjaga keamanan mereka di luar negeri. Kegiatan ini juga sekaligus sebagai sarana menjalin komunikasi secara langsung kepada masyarakat untuk memperoleh update kondisi masyarakat di negara bagian yang dikunjungi.
 
Baca:  Tingkatkan Ekspor RI, KJRI San Fransisco Gandeng Importir Produk Makanan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif