Emmanuel Macron kembali terpilih sebagai presiden Prancis./AFP
Emmanuel Macron kembali terpilih sebagai presiden Prancis./AFP

Macron Menang Lagi, Pemimpin Eropa Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan Prancis

Internasional prancis pemilu prancis politik prancis Emmanuel Macron
Marcheilla Ariesta • 25 April 2022 08:31
Paris: Emmanuel Macron kembali terpilih sebagai presiden Prancis usai mengalahkan politikus sayap kanan, Marine Le Pen. Ia unggul dengan suara 58 persen, sedangkan Le Pen 42 persen.
 
Dengan demikian, Macron yang kini berusia 44 tahun itu akan menjalani periode kedua kepresidenannya. Atas kemenangan itu, sejumlah pemimpin Eropa pun memberikan selamat kepada Macron.
 
"Kita akan menghitung lagi Prancis untuk lima tahun lebih," ujar Presiden Dewan Eropa Charles Michel lewat akun Twitter-nya, dilansir dari AFP, Senin, 25 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya senang bisa melanjutkan kembali kerja sama sempurna kita," seru Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen secara terpisah.
 
Tak hanya itu, Kanselir Jerman, Olaf Scholz, pun menyambut keterpilihan kembali Macron. Dia mengatakan para pemilih di Prancis telah mengirimkan suara yang kuat bagi kepercayaan diri Eropa.
 
"Saya senang kita akan melanjutkan kerja sama yang baik," ujar Scholz.
 
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga menyambut kembali dipilihnya Macron. Dia menyebutkan, Prancis saat ini adalah salah satu sekutu yang penting dan terdekat Inggris.
 
Lewat akun Twitternya, Johnson mengaku menantikan kembali lanjutan kerja sama pada persoalan-persoalan yang penting bagi kedua negara dan dunia.
 
Hal senada disampaikan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo.
 
Sementara itu, Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan, kemenangan Macron sebagai sebuah, kabar luar biasa bagi seluruh Eropa. Sedangkan Perdana Menteri Irlandia Micheal Martin menyanjung kepemimpinan Macron yang dinamis.
 
"(Terpilihnya kembali Macron) tak hanya penting bagi Prancis, juga bagi Eropa," seru dia.
 
Baca juga: Emmanuel Macron Kembali Terpilih sebagai Presiden Prancis
 
Emmanuel Macron pertama kali memenangkan jabatan pada 2017 sebagai seorang sentris independen dan seorang reformis yang ambisius. Presiden termuda yang terpilih di era politik modern Prancis, naiknya Macron ke Champ Elysée di atas sebuah partai baru yang ia dirikan sendiri berlangsung cepat dan ikonoklastik.
 
Namun jalan menuju masa jabatan keduanya, lima tahun penuh dengan krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya, bukanlah perjalanan yang mulus.
 
Macron adalah presiden Prancis pertama yang memenangkan masa jabatan kedua selama dua dekade, tetapi hasil Le Pen juga menandai yang paling dekat yang pernah dilakukan sayap kanan untuk mengambil alih kekuasaan di Prancis. Pemilu kali ini pun telah mengungkapkan negara yang sangat terpecah.
 
Presiden berusia 44 tahun itu menghadapi serangkaian tantangan dalam masa jabatan keduanya, dimulai dengan pemilihan parlemen pada Juni, di mana mempertahankan mayoritas akan sangat penting untuk memastikan dia dapat mewujudkan ambisinya untuk mereformasi Prancis.
 
Hasilnya diharapkan akan dikonfirmasi oleh hasil resmi semalam dengan angka akhir yang akan dirilis pada hari Senin.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif