?Tidak dapat berlatih secara langsung menjadi tantangan tersendiri bagi kelompok ensembel tradisional ini. Metro TV
?Tidak dapat berlatih secara langsung menjadi tantangan tersendiri bagi kelompok ensembel tradisional ini. Metro TV

Metro Siang

Pandemi Tak Kunjung Usai, Kelompok Gamelan 'Krisis Identitas'

MetroTV • 10 Januari 2022 16:04
Washington DC: Kelompok musik gamelan yang identik dengan kebersamaan harus menelan pil pahit selama pandemi. Tidak dapat berlatih secara langsung menjadi tantangan tersendiri bagi kelompok ensembel tradisional ini.
 
Hal ini lantas membuat Pakar Gamelan asal Amerika Serikat, Jody Diamond, mempertanyakan identitas kelompoknya.
 
“Apa identitas kami sekarang? Tidak bisa berkumpul, tidak bisa bermain, latihan harus terhenti, semua pentas dibatalkan,” keluhnya dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Senin, 10 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pendiri American Gamelan Institute itu menekankan tekadnya untuk mempertahankan kebersamaan tak lekang meski kelompoknya tengah diterjang krisis identitas. Beragam cara dipakai, salah satunya latihan dan berkumpul lewat Zoom.
 
Hal serupa juga diterapkan kelompok gamelan Kedutaan Besar Reublik Indonesia (KBRI) di Washington DC. Kelompok yang dipimpin oleh Muryanto itu mengalihkan latihan vokal Langgam Jawa melalui Zoom untuk sementara.

Pertemuan virtual tak efektif

Di sisi lain, pengajar gamelan di Yale University, Darsono Hadiraharjo, menilai latihan virtual melalui aplikasi seperti Zoom tidak efektif. Menurutnya, kelas virtual lebih cocok digunakan untuk membahas teori.
 
“Kalau kelas virtual, bisa juga diisi dengan mendengarkan atau menonton gamelan bersama, lalu membahasnya,” tambah Darsono.
 
Rasa kebersamaan yang dibangun lewat pertemuan virtual tentu tidak sebanding dengan bertemu langsung. Kendati demikian, Jody menilai, hal tersebut memunculkan fenomena baru yang positif berupa rasa keguyuban yang lebih kuat.
 
Tidak hanya dari kelompoknya sendiri, melainkan dari komunitas gamelan di seluruh dunia.
 
Saat ini, sejumlah kelompok gamelan di Amerika Serikat sudah mulai latihan bersama dengan tetap menjaga protokol kesehatan covid-19. (Nurisma Rahmatika)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif