Konferensi pers Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: YouTube Kantor Presiden Ukraina
Konferensi pers Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto: YouTube Kantor Presiden Ukraina

Zelensky Sebut Partisipasi Ukraina dalam KTT G20 Tergantung Situasi Keamanan

Fajar Nugraha • 29 Juni 2022 22:48
Kiev: Mengunjungi Ukraina, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang Presiden Volodymyr Zelensky untuk menghadiri KTT G20 di Bali, November mendatang.
 
Namun Presiden Zelensky mengatakan, kehadirannya akan tergantung pada situasi keamanan di negaranya. Hingga saat ini, seperti diketahui, Ukraina masih diterjang serangan oleh Rusia.
 
Pada konferensi pers bersama Jokowi di Kiev, Rabu 29 Juni 2022 waktu setempat, Zelensky mengatakan, bantuan Indonesia sebagai pemimpin dan peserta KTT G20 sangat penting untuk pemulihan perdamaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berterima kasih kepada Anda, Tuan Presiden (Jokowi), atas undangan untuk secara pribadi mengambil bagian dalam KTT. Tentu, saya menerima undangan ini,” ujar Zelenksy pada konferensi pers bersama, dikutip dari Interfax.
 
Baca: Indonesia-Ukraina Sepakati Bebas Visa, Zelensky: Ini Penting untuk Rakyat Kami.

 
“Partisipasi Ukraina akan tergantung pada situasi keamanan di Ukraina dan pada komposisi peserta KTT," imbuhnya.
 
Sebelumnya, Indonesia dan Ukraina sepakat untuk memberikan perjalanan bebas visa antara warga dari kedua negara. Zelensky mengatakan, kesepakatan ini sangat penting.
 
"Saya senang memberi tahu Anda tentang kesepakatan kami untuk memperkenalkan perjalanan bebas visa antar negara kami. Ini adalah kabar baik,” ujar Zelensky.
 
“Dari setiap sudut pandang, ini penting bagi rakyat kami, untuk pembangunan sosial dan untuk hubungan antar manusia," tambahnya.
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kiev, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat. Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kiev. Keduanya meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang
 
"Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin, di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak perang. Namun demikian, 40 persen dari penduduk Irpin dikatakan sudah kembali ke Kota Irpin," ucap Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya.
 
Dari Kota Irpin, Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana meninjau salah satu rumah sakit di sekitar Kiev. Dalam kesempatan tersebut, Ibu Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Indonesia, berupa obat-obatan yang diperlukan rumah-rumah sakit yang ada di Ukraina.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif