Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin (kanan) dan PM Swedia Magdalena Andersson. Foto: AFP
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin (kanan) dan PM Swedia Magdalena Andersson. Foto: AFP

Bulan Depan, Finlandia dan Swedia Umumkan Bersama Pendaftaran ke NATO

Internasional nato swedia Finlandia
Marcheilla Ariesta • 26 April 2022 11:24
Helsinki: Finlandia dan Swedia bersama-sama akan mengungkapkan keinginan mereka untuk bergabung dengan NATO pada Mei mendatang. Surat kabar Iltalehti Finlandia dan Expressen Swedia melaporkannya, mengutip sumber yang dekat dengan masalah tersebut.
 
Meskipun mempererat kerja sama dengan aliansi militer itu sejak Rusia mencaplok Krimea pada 2014, negara-negara Nordik memilih tidak ikut campur.
 
"Para pemimpin Finlandia dan Swedia berencana untuk bertemu pada Minggu, 16 Mei mendatang dan setelah itu secara terbuka akan mengumumkan rencana mereka untuk mendaftar agar dapat bergabung dengan NATO," lapor Iltalehti, dikutip oleh Malay Mail, Selasa, 26 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto menolak berkomentar. Tapi ia mengulangi pandangan lama bahwa dia lebih suka Finlandia dan Swedia membuat pilihan yang sama.
 
Saat mengunjungi mitranya dari Swedia Magdalena Andersson, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan, ia mengharapkan negaranya akan membuat keputusan dalam beberapa pekan.
 
Kementerian Luar Negeri Swedia juga tidak mengomentari laporan tersebut.
 
Stockholm sedang melakukan tinjauan kebijakan keamanan, yang mencakup pandangan tentang kemungkinan keanggotaan NATO, dengan hasil yang diharapkan pada pertengahan Mei.
 
Secara terpisah, Sosial Demokrat yang berkuasa di Swedia juga meninjau keberatan lama mereka terhadap keanggotaan NATO. Tinjauan itu diharapkan paling lambat pada 24 Mei.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif