Jurnalis Rusia dan peraih Nobel Perdamaian Dmitry Muratov. Foto: AFP
Jurnalis Rusia dan peraih Nobel Perdamaian Dmitry Muratov. Foto: AFP

Jurnalis Rusia Peraih Nobel Dmitry Muratov Diserang di Kereta

Fajar Nugraha • 08 April 2022 17:05
Moskow: Jurnalis Rusia dan peraih Nobel Perdamaian Dmitry Muratov pada Kamis 7 April 2022 diserang di kereta oleh seseorang yang menyemprotnya dengan cat. Peristiwa itu dilaporkan surat kabar Novaya Gazeta.
 
"Seorang penyerang tak dikenal menyerang Pemimpin Redaksi Novaya Gazeta dan pemenang hadiah Nobel dalam kereta api," kata publikasi independen itu melalui Telegram, seperti dikutip AFP, Jumat 8 April 2022.
 
“Pelaku melemparkan cat berbasis minyak yang dicampur dengan aseton ke dalam kompartemen. Dia berteriak, 'Muratov, itu untuk anak laki-laki kita'," kata surat kabar itu mengutip Muratov, yang merujuk pada korban Rusia dalam perang Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Mataku terbakar hebat. Saya akan mencoba untuk membersihkannya," kata Muratov setelah serangan terhadap kereta api yang berangkat dari Moskow ke kota tenggara Samara.
 
Laporan itu disertai dengan dua foto Muratov - satu menunjukkan dia tampaknya berada di toilet kereta api dengan kepala, badan, dan lengannya ditutupi dengan zat merah.
 
Foto kedua menunjukkan gerbong kereta diolesi dengan sejumlah besar cairan berwarna merah darah.
 
"Muratov menerima pertolongan pertama dan naik kereta untuk pergi menemui ibunya. Kami mencari penjahat yang melakukannya," tweet Kirill Martinov, mantan wakil editor Muratov.
 
Martinov menambahkan serangan itu bisa merusak penglihatan Muratov.
 
Novaya Gazeta mengatakan bulan lalu sedang menangguhkan publikasi kertas dan online di Rusia sampai konflik Ukraina berhenti.
 
Sejak invasi 24 Februari ke Ukraina, Moskow secara signifikan memperketat kendali atas media independen dan mengeluarkan undang-undang yang memberikan hukuman penjara yang berat terhadap siapa pun yang mengkritik intervensi militer.
 
Juga pada Kamis, wartawan asing di surat kabar tersebut mengatakan bahwa mereka atas inisiatif mereka sendiri meluncurkan edisi baru - "Novaya Gazeta. Eropa" dalam beberapa bahasa di bawah kepemimpinan Martinov.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif