Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell. (AFP)
Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell. (AFP)

PBB Minta UE Tekan Israel Terkait 6 'Organisasi Teror' Palestina

Internasional Palestina pbb hak asasi manusia Israel uni eropa
Medcom • 13 Desember 2021 12:56
Jenewa: Sembilan pelapor khusus hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) meminta Uni Eropa (UE) untuk menekan Israel guna membatalkan pelabelan enam Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Palestina sebagai organisasi teror.
 
Dilansir dari The Jerusalem Post, Senin, 13 Desember 2021, sembilan penyelidik meminta Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Josep Borrell, untuk menekan Israel agar memberikan bukti kuat bahwa keenam LSM itu terlibat teroris. Borrell juga diminta menetapkan tenggat waktu kepada Israel.
 
"Menuntut agar Israel secara terbuka menghadirkan, dalam kerangka waktu yang singkat dan pasti, bukti nyata dan kredibel bahwa enam organisasi Palestina adalah organisasi teroris," tulis para pelapor HAM PBB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Israel gagal memberikan bukti, maka Israel secara penuh dan terbuka menarik tuduhan dan pelabelannya tanpa penundaan lagi," sambungnya.
 
Delegasi diplomat lokal dari 10 negara UE telah mengunjungi LSM yang dilabeli sebagai organisasi teror di Ramallah pekan lalu. Delegasi dipimpin perwakilan UE, Sven Kühn von Burgsdorff.
 
Borrell dan sejumlah negara anggota UE telah secara terbuka menyatakan skeptisisme atas pelabelan teror Israel kepada 6 LSM Palestina. Namun, UE belum mengambil sikap yang lebih aktif terkait masalah tersebut.
 
Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet pun berbicara secara virtual tentang masalah ini dalam acara khusus PBB di New York, Amerika Serikat pada Selasa pekan kemarin.
 
Bachelet mengatakan bahwa tanpa adanya bukti kuat, keputusan melabeli enam LSM sebagai organisasi teror merupakan tindakan "sewenang-wenang" dan dapat "secara sah dipandang sebagai serangan terhadap pembela hak asasi manusia."
 
Oktober lalu, Israel melabeli enam LSM Palestina sebagai organisasi teror. Keenam LSM itu adalah Al-Haq, Addameer, Bisan Center, Pertahanan untuk Anak Internasional (DCI) Palestina, Komite Persatuan Kerja Pertanian dan Komite Persatuan Perempuan Palestina (UAWC). (Nadia Ayu Soraya)
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif