Dampak kerusakan dari terjangan Badai Ian di Fort Myers, Florida, 3 Oktober 2022. (JOE RAEDLE / Getty / AFP)
Dampak kerusakan dari terjangan Badai Ian di Fort Myers, Florida, 3 Oktober 2022. (JOE RAEDLE / Getty / AFP)

Angka Kematian Badai Ian di Florida Lampaui 100, Banyak Korban Tenggelam

Willy Haryono • 04 Oktober 2022 10:34
Florida: Otoritas Florida, Amerika Serikat (AS ), mencatat ada sekitar 100 kematian akibat terjangan Badai Ian di 10 wilayah, dengan lebih dari separuhnya berada di Lee County. Di sana, gelombang tinggi yang dipicu Badai Ian menghancurkan sejumlah rumah warga dan beberapa jembatan penghubung dengan pulau utama.
 
Sheriff Lee County, Carmine Marceno, mengatakan pada Senin malam bahwa jumlah korban tewas Badai Ian telah bertambah menjadi 54. Sebagian dari penyebab 54 kematian tersebut adalah tenggelam.
 
"Kami belum pernah melihat kehancuran seperti ini," ucap Marceno dalam sebuah konferensi pers, dikutip dari laman The Herald, Senin, 3 Oktober 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sebagai jajaran sheriff, kami berandai-andai ada sebuah tombol yang dapat kami tekan dan semuanya selesai. Sayangnya, tidak ada yang seperti itu," sambung dia.
 
Setelah Lee County, angka kematian tertinggi kedua adalah Charlotte County, di mana kantor sheriff mengonfirmasi 24 korban tewas. Penyebab puluhan kematian itu belum diumumkan ke publik.
 
Berdasarkan informasi Komisi Pemeriksa Medis Florida, jumlah korban tewas Badai Ian saat ini berkisar 95 hingga 101 orang. Jumlahnya masih mungkin bertambah seiring berlanjutnya operasi pencarian korban hilang dan pembersihan puing-puing bangunan.
 
Banyaknya ruas jalan yang terendam banjir dan hanyutnya sejumlah jembatan membuat akses menuju beberapa wilayah Florida terputus. Warga di area tersebut juga terisolasi karena terbatasnya layanan telepon seluler, yang diperparah minimnya fasilitas dasar seperti air, listrik, dan internet.
 
Gubernur Florida Ron DeSantis mengatakan pada Sabtu kemarin bahwa pengusaha multimiliarder Elon Musk menyediakan sekitar 120 satelit Starlink untuk "membantu menjembatani beberapa masalah komunikasi."
 
Sementara itu di Washington, Gedung Putih mengumumkan bahwa Presiden AS Joe Biden dan ibu negara Jill Biden akan melakukan perjalanan ke Florida pada Rabu besok. Saat ini, Biden masih berada di Puerto Rico dalam kunjungan ke area terdampak Badai Fiona.
 
Baca:  Ogah Dievakuasi, 85 Warga AS Tewas Akibat Badai Ian
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif