Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)
Ilustrasi grafik gempa bumi. (Medcom.id)

Gempa Bumi 6,1 Magnitudo Guncang Turki, 35 Orang Terluka

Marcheilla Ariesta • 23 November 2022 13:39
Istanbul: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,1 melanda Turki bagian barat laut pada Rabu dini hari, 23 November 2022. Guncangan tersebut melukai setidaknya 35 orang.
 
Getaran dangkal terbaru di Turki berlokasi sekitar 170 kilometer dari timur Istanbul, kota terbesar di Turki, di mana getarannya sangat terasa.
 
Menurut otoritas nasional Turki, gempa di barat laut berkekuatan magnitudo 5,9, sedikit lebih rendah dari 6,1 yang disampaikan Badai Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Pusat gempa berada di distrik Golyaka provinsi Duzce.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami terbangun dengan suara keras dan getaran," kata warga Duzce, Fatma Colak, kepada kantor berita AFP.
 
"Kami keluar dari rumah dengan panik, dan sekarang kami menunggu di luar ruangan," sambungnya.
 
Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan, dari total 35 korban terluka, 32 di antaranya adalah warga Duzce. Tiga korban lainnya berasal dari Istanbul, Bolu, dan Zonguldak.
 
Suleyman Soylu, Menteri Dalam Negeri Turki, mengunjungi Golyaka usai kejadian. Ia mengatakan ada satu orang yang terluka parah setelah melompat dari balkon karena merasa panik usai merasakan gempa. Menurut Soylu, telah terjadi 70 gempa susulan usai guncangan pertama.
 
Sejumlah foto memperlihatkan warga menutupi diri mereka dengan selimut di luar rumah pada Rabu pagi. Beberapa dari mereka menyalakan api untuk menghangatkan diri.
 
Sekolah di provinsi Duzce dan Sakarya akan ditutup sementara hari ini. Soylu menuturkan, selain dari beberapa lumbung yang hancur, tidak ada laporan kerusakan berat dalam gempa kali ini.
 
Turki berada di salah satu zona gempa bumi paling aktif di dunia. Pada 1999, Duzce pernah diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo. Guncangan itu adalah yang terburuk dalam sejarah Turki dalam beberapa dekade terakhir.
 
Gempa tersebut menewaskan lebih dari 17.000 orang, termasuk sekitar 1.000 orang di Istanbul. Para ahli telah lama memperingatkan bahwa gempa besar sewaktu-waktu dapat menghancurkan Istanbul.
 
Pada Januari 2020, gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,8 melanda Elazig, menewaskan lebih dari 40 orang. Sementara pada November 2020, gempa berkekuatan magnitudo 7,0 melanda Laut Aegea, menewaskan 114 orang dan melukai lebih dari 1.000 orang.
 
Baca:  Ajaib! Gadis 3 Tahun Diselamatkan Setelah 91 Jam Gempa Turki
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif