Grup Angklung Vibrations tampil dalam festival musik fete de la musique di Mont-Dore, Kaledonia Baru, 21 Juni 2022. (Kemenlu RI)
Grup Angklung Vibrations tampil dalam festival musik fete de la musique di Mont-Dore, Kaledonia Baru, 21 Juni 2022. (Kemenlu RI)

Angklung Kontemporer Indonesia Ramaikan Festival Musik di Kaledonia Baru

Willy Haryono • 25 Juni 2022 13:53
Mont-Dore: Setiap tanggal 21 Juni, pemerintah Prancis mengadakan festival musik di seluruh wilayahnya, termasuk di Kaledonia Baru. Festival bernama "Fete de la Musique" digagas oleh Menteri Kebudayaan Prancis, Jack Lang, pada tahun 1982.
 
"Fete de la Musique" yang ke-40 tahun ini diwarnai penampilan angklung kontemporer dari Angklung Vibrations pada 21 Juni.
 
Di Kaledonia Baru, festival musik digelar di beberapa wilayah, termasuk salah satunya di Bibliotheque Denis FREY, kota Mont-Dore. Di kota ini, Angklung Vibrations diundang untuk tampil selama 45 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan keterangan di situs Kementerian Luar Negeri, Jumat, 24 Juni 2022, Angklung Vibrations adalah grup angklung kontemporer asuhan Persatuan Masyarakat Indonesia dan Keturunannya (PMIK) di Kaledonia Baru yang dibentuk pada 2015.
 
Dalam festival musik kali ini, grup ini menyajikan musik dan lagu karya sendiri yang dapat dinikmati para penonton.
 
Di Indonesia, Angklung Vibrations pernah tampil di Saung Udjo Bandung, Lembaga Prancis Indonesia di Yogyakarta, dan dalam acara diaspora di Solo. Sedangkan di Kaledonia Baru, grup ini telah tampil di berbagai acara.
 
Pada 2018, Angklung Vibrations telah merilis sebuah album berjudul "Sanggupkah Kita."
 
Dalam berbagai kesempatan, Angklung Vibrations telah membantu KJRI Noumea dalam mempromosikan budaya Indonesia di Kaledonia Baru.
 
Baca:  Gamelan Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif